Sejuta Manfaat Minyak Zaitun

Advertisement
Sudah tidak diragukan lagi mengenai Manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya mampu mengobati dan mencegah dari berbagai macam penyakit, banyak beberapa penelitian yang sudah membuktikan manfaat minyak zaitun ini. 

Penelitian banyak yang telah berhasil mengungkap manfaat minyak zaitun dan salah satunya adalah bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kesempatan hidup  lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun. hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam majalah Lanst yang terkenal pada  tahun 1999, dalam penelitian tersebut berhasil mengungkap rahasia dibalik umur panjang yang dimiliki oleh masyarakat Al-bania yang mayoritas berpenduduk muslim. Masyarakat Al-bania memang memiliki penduduk yang rata-rata berusia lebih  panjang jika dibandingakan dengan masyarakat dari negara eropa lainnya hal tersebut dikarenakan masyarakat Al-bania rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

Kandungan minyak zaitun

Minyak Zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon  zaitun (Olea Europaea). Tanaman ini biasanya banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti di Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara lain di sekitarnya. Minyak zaitun memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Tidak seperti kebanyakan minyak lainnya, minyak biasanya didapat dari ekstrak  kacang-kacangan dan biji-bijian, akan tetapi minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun. 

Minyak zaitun diakui sebagai salah satu minyak nabati yang memiliki manfaat untuk kesehatan karena mengandung lemak jenuh lebih sedikit , dan menggubah linoleat ( omega - 6 ) dan asam linolenat ( omega - 3 ) ​​asam lemak esensial pada rasio 8:01 yang direkomendasikan.

Gambar Manfaat Minyak Zaitun
Gambar: Sejuta Manfaat Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. kandungan kalori yang dimiliki minyak zaitun dikarenakan lemak tersebut. Akan tetapi lemak yang dikandunga dalam minyak zaitun adalah jenis lemak tak jenuh yang tidak merugikan bahkan berefek baik untuk kesehatan, bebrapa jenis lemak yang dikandunanya seperti asam oleat ( 18:1) dan asam palmitoleat ( 16:1) yang membantu menurunkan LDL atau " kolesterol jahat " dan meningkatkan HDL atau " kolesterol baik " dalam darah. Sebuah studi menemukan bahwa diet Mediterania , yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat .

Minyak zaitun juga memiliki kandungan asam oleat hingga 80 persen di dalamnya, yang bermanfaat bagi sistem peredaran darah.  Minyak zaitun, terutama extra virgin, mengandung senyawa fenolik tyrosol seperti oleuropein dan oleocanthal. minyak zaitun juga merupakan salah satu antioksidan alami paling kuat karena mengandung zat seperti Oleocanthal, oleurpein, dan hidroksitirosol. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid, zat tersebut memainkan peran penting untuk melawan berbagai macam penyakit seperti: kanker, peradangan, penyakit arteri koroner , penyakit saraf degeneratif, diabetes dll.

Manfaat minyak zaitun yang sangat luarbiasa:
  • Mencegah diabetes, minyak zaitun mampu menstabilkan kadar glukosa dalam darah dengan cara memperlambat proses pencernaan di dalam perut. Oleh sebab itu minyak zaitun sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan untuk pencegahan dari diabetes.

  • Mencegah osteoporosis, minyak zaitun memabantu memaksimalakan penyerapan kalsium lebih baik dan optimal. Maka dari itu mengkonsumsi minyak zaitun merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperlambat proses pengeroposan tulang.

  • Menurunkan kadar kolesterol, minyak zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Untuk mencegah penyakit jantung anda bisa mengkonsumsi dua sendok minyak zaitun extra virgin setiap hari.

  • Mengobati dan mencegah penyakit maag, minyak zaitun memang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan untuk pengobatan dan pencegahan penyakit termasuk penyakit maag.

  • Mencegah kanker, beberapa senyawa yang terkandung dalam minyak zaitun ber-manfaat membunuh sel kanker. Beberapa senyawa tersebut diantaranya: Oleocanthal, oleurpein, dan hidroksitirosol kesemua senyawa tersebut sudah terbukit mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dan melawan berbagai macam penyakit.

  • Menjaga kelembaban kulit wajah, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Cara pemakaiannya adalah: anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke seluruh wajah dan tunggu beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

  • Mencegah kanker lambung, sebuah studi yang di publikasikan dalam kongres terakhir organisasi penyakit sistem pencernaan amerika pada tahun 2000 lalu menunjukkan bahwa nilai gizi yang terkandung dalam minyak zaitun dapat berpengaruh positif dalam melindungi tubuh dari serangkan kanker lambung.
Demikian beberapa ulasan mengenai Sejuta manfaat minyak zaitun. Selain di atas tentunya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang mungkin belum kita ketahui ataupun belum terungkap oleh penelitian. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.