11 cara mengatasi susah tidur

Advertisement
Cara Mengatasi susah tidur - Tidur merupakan salah satu aktivitas dimana kita mengistirahatkan tubuh kita dan sebagian besar organ-organ vital. Kualitas tidur seseorang sangat berpengaruh terhadap kesehatan orang tersebut secara keseluruhan. Saat ini memang sangat sering kita jumpai beberapa orang yang sulit untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas  karena beberapa hal yang mungkin sedang dialami seseorang tersebut. Mulai dari permasalahan yang menghimpit ataupun pola hidup yang salah sehingga berpengaruh terhadap tidurnya. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu anda untuk mengatasi susah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas:
  • Olahraga yang cukup, olahraga selalu menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, olahraga yang dilakukan dengan cara yang benar dan porsi yang cukup juga akan memberikan kita ketenangan dan membuat kita mudah untuk tertidur. Selain itu Olahraga juga  dapat memperlancar peredaran darah dan membuat organ-organ dalam tubuh kita bekerja dengan baik.  
11 cara mengatasi susah tidur
Gambar: 11 cara mengatasi susah tidur
  • Hindari begadang, kebanyakan orang yang mengalami susah tidur adalah disebabkan mereka sering tidur terlalu malam atau sering begadang hingga pagi. Tidur terlalu malam akan mengacaukan jadwal tidur anda dan membuat anda mengalami susah tidur dikemudian hari, karena anda sudah terbiasa tidur larut malam. 

  • Tenangkan pikiran anda, susah tidur sering kali dialami seseorang saat dia merasa tertekan atau sedang mengalami masalah dalam hidupnya. Untuk itu anda harus mencoba untuk menenagkan diri anda dengan cara berkumpul dengan keluarga atau melakukan hal-hal positif lainnya. 

  • Mengkonsumsi buah pisang, buah pisang  diketahui sangat efektif untuk mengatasi gangguan tidur. Buah pisang memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, buah pisang selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan juga dapat memberikan efek tenang dan rileks kepada tubuh. Buah Pisang mengandung triptofan yang memanacing seretonin bekerja lebih efektif pada tubuh. Serotonin dipercaya menghasilkan perasaan nyaman dan tenang pada bagin syaraf pusat. 

  • Hindari menonton film horor, film horor biasanya akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi psikis orang yang menyaksikannya, terlebih saat anda menonton film horor saat menjelang tidur akan membuat anda terbayang-bayang saat anda tidur, tentu hal ini akan membuat anda mengalami susah tidur. 

  • Berdo’a sebelum tidur, mungkin anda menganggap do’a sebelum tidur ini hanyalah pesan seorang ibu terhadap anaknya saat menjelang tidur, artinya berdo’a  hanyalah bagi anak-anak saja. Tentu anggapan yang seperti ini adalah anggapan yang salah besar, berdo’a memberikan manfaat yang sangat luarbiasa terhadap orang yang melakukannya. Berdo’a memberikan kita ketenangan dan merupakan senjatanya orang beriman. 

  • Jangan memikirkan masalah yang sedang anda hadapi saat menjelang tidur, masalah itu sebaiknya jangan dipikirkan akan tetapi diselesaikan, masalah yang terus menumpuk akan membuat anda teringat  terus saat anda menjelang tidur dan akan membuat anda mengalami susah tidur. 

  • Mengkonsumsi madu, manfaat madu sangat lurabiasa untuk kesehatan dan salah satunya yaitu untuk menenagkan saraf. Konsumsilah madu dengan campuran air hangat saat menjelang tidur maka insya Allah anda akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas tentunya tanpa melupakan tips di atas. 

  • Selain madu susu juga sangat baik untuk membuat anda lebih cepat tertidur. Satu gelas susu hangat juga dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk anda konsumsi saat menjelang tidur. Anda juga dapat mencampurnya dengan madu murni untuk mendapatkan manfaat ganda dari keduanya. 

  • Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi, kopi memang terkenal membuat kita susah tidur karena kafein yang dikandungya. 

  • Matikan lampu kamar anda, tidur dalam keadaan gelap sangat dianjurkan dan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, selain memberikan efek yang positif bagi kesehatan dengan mematikan lampu saat anda tertidur juga akan membuat anda lebih tenang karena anda tidak dapat melihat hal-hal disekitar anda.
Demikian 11 cara untuk mengatasi susah tidur, cara di atas merupakan cara alami yang dapat anda lakukan untuk mengatasi susah tidur tanpa bantuan obat-obatan dan insya Allah aman.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.