Kandungan dan manfaat buah pepaya

Advertisement


Manfaat buah pepaya sangat banyak sekali untuk kesehatan. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang sering kita temui di Indonesia karena buah ini merupakan jenis buah yang sangat cocok hidup di iklim indonesia. Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan sangat menyegarkan. Selain rasanya yang lezat buah pepaya ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang mungkin tidak emua orang mengetahuinya.
 
Kandungan buah pepaya

Buah pepaya sangat rendah kalori ( hanya 39 calories/100 g ) dan tidak mengandung kolesterol , namun merupakan sumber yang kaya nutrisi nabati , mineral , dan vitamin. Jadi buah pepaya sangat cocok dijadikan buah untuk diet sehat.  Buah pepaya juga kaya berbagai macam vitamin  penting  seperti: vitamin B kompleks , asam folat , piridoksin ( vitamin B - 6 ) , riboflavin , dan thiamin ( vitamin B - 1 ) . Vitamin ini sangat penting karena  tubuh membutuhkannya  dalam metabolisme. Buah pepaya juga mengandung baik jumlah kalium ( 257 mg per 100 g ) dan kalsium . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah Melawan efek natrium.
Kandungan dan manfaat buah pepaya
Gambar: buah pepaya 
Salah satu manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang utama adalah menjaga  kesehatan jantung . buah pepaya mengandung  vitamin C dan antioksidan, selain itu buah pepaya juga merupakan sumber potasium yang baik. Kalium sangat penting untuk mengatur detak jantung , serta membantu untuk menyehatkan sistem saraf. Buah pepaya dapat sangat membantu kepada seseorang yang sedang mengalami stres  dan perasaan cemas. Serat yang terdapat dalam buah pepaya  berfungsi membantu dalam mengurangi kolesterol jahat , yang pada akhirnya dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung.  Para peneliti telah menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu buah pepaya, kaya nutrisi seperti beta cryptoxanthin , lutein zeaxanthin , dan vitamin C , memiliki risiko lebih rendah tertular infeksi  HPV daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya. Berikut beberapa daftar manfaat buah pepaya untuk kesehatan:
  • Mencegah penyakit kanker, buah pepaya memiliki kemampuan untuk melawan kanker dan memiliki kuratif yang efektif dan sifat penyembuhan. Buah Pepaya mengandung enzim papain yang mirip dengan mencerna protein enzim yang diproduksi oleh pankreas. zat tersebut bekerja melarutkan lapisan protein yang terbentuk di sekitar sel kanker dan membantu sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel kanker dengan lebih mudah. Untuk itu dengan mengkonsums buah pepaya akan membuat anda memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit kanker. 

  • Melancarkan peredaran darah, Zat lain yang ditemukan dalam buah pepaya adalah fibrin. Zat ini berfungsi  mengurangi risiko penggumpalan darah dan meningkatkan kualitas sel darah, dan menjaga kelancaran peredaran darah. Fibrin ini juga dapat mencegah dari penyakit stroke. Enzim proteolitik yang mengandung fibrin sangat membantu bagi mereka yang duduk selama berjam-jam, mengurangi risiko penggumpalan darah di kaki. oleh sebab itu bagi anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk maka banyak-banyaklah mengkonsumsi buah pepaya.

  •  Menyehatkan pencernaan, Buah Pepaya mengandung enzim papain protein enzim ini bekerja untuk memecah serat protein dan digunakan untuk melunakkan daging yang sulit untuk dicerna sehingga dapat membantu proses pebcernaan makanan. Papain juga digunakan untuk mengobati beberapa kondisi, seperti gangguan pencernaan dan diare kronis. Jika anda ingin memiliki pencernaan yang sehat maka rajinlah mengkonsumsi buah pepaya. 

  • Mempercepat penyembuhan luka bakar , Ilmuwan Rusia berhasil menemukan bahwa antioksidan dan enzim alami yang terdapat dalam buah pepaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dan luka. Pepaya juga mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E dan beta -karoten, yang kesemuanya berkontribusi terhadap pengurangan peradangan. Pada sebuah percobaan di buktikan bahwa Tikus yang diobati dengan pepaya memiliki tingkat penyembuhan luka lebih cepat dari pada yang tidak diberikan pepaya.

  •  Mencegah degenerasi makula, zat yang terkandung dalam buah pepaya seperti Fitokimia seperti lutein , cryptoxanthin , dan zeaxanthin , dapat membantu menjaga penglihatan terutama  pada orang tua dan membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.  Lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid yang menyaring sinar ultra fiolet  dan bertindak sebagai antioksidan di mata. 

  • Menyehatkan kulit, Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah pepaya dapat membantu kulit tetap kenyal dan sehat  sehingga mencegahnya  kering dan rapuh . alasan kenapa buah pepaya sangat baik bagi kulit anda Karena buah pepaya dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit, membantu mengumpulkan minyak dan kotoran ,serta mengurangi perkembangan jerawat . Kulit dapat menjadi lebih sehat dan halus 

  •  Menjaga kesehatan mata, seperti halnya buah apel dan buah naga buah pepaya memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Buah Pepaya adalah salah satu buah yang juga mengandung vitamin A. Buah pepaya mengandung 276 mikrogram dalam 100 gr sajian buah pepaya. Sedangkan dalam satuan SI kandungan buah pepaya adalah 1.094 sampai 18.250 SI. Fungsi dari pepaya antara lain sebagai antiseptik serta menjadi pemecah protein serta lemak yang masuk ke dalam tubuh.
Demikian beberapa kandungan dan manfaat buah pepaya  yang sangat mengagumkan. Buah pepaya selain murah juga mudah untuk didapatkan untuk itu anda jangan ragu untuk memasukkan buah pepaya ke dalam menu makanan untuk diet anda. Selamat menjalani hidup sehat.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.