Makanan yang mengandung serat tinggi

Advertisement
Beberapa makanan yang mengandung serat yang sangat cocok dijadikan sebagai menu diet sehat anda di rumah. Meskipun serat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, akan tetapi memenuhi asupan serat yang cukup sering diabaikan sebagian besar orang. Serat membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan, menyerap air dan mempertahankan gerakan usus yang teratur. Serat pangan dapat berperan untuk memodulasi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat  menghasilkan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas. 

Meskipun serat dapat ditemukan dalam semua tumbuhan yang dapat dimakan seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian, tidak semua serat sama. Beberapa bentuk serat secara khusus bertujuan untuk membersihkan saluran pencernaan anda, dan yang lain berperan untuk membersihkan seluruh tubuh. Cara terbaik untuk mencukupi kebutuhan serat harian anda adalah melalui makanan yang mengandung serat tinggi. Makan makanan utuh menyediakan serat yang lebih baik daripada makanan olahan. 
Makanan yang mengandung serat tinggi
Gambar: Makanan yang mengandung serat tinggi
Diet yang kaya serat akan membantu mencegah sembelit , menurunkan risiko wasir, mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu dalam menurunkan berat badan dan bahkan mungkin membantu mencegah kanker kolorektal. Rata-rata, pria membutuhkan setidaknya 38 gram serat dari makanan setiap hari dan wanita membutuhkan setidaknya 25 gram setiap harinya. Di bawah ini merupakan makanan yang mengandung tinggi serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan:

  1. Biji-bijan. Sekitar ¼ cangkir biji bunga matahari memiliki hampir 4 gram serat. Kacang  Almond memiliki 3,5 gram serat dalam setiap 1 ons, atau sekitar 23 kacang. Kacang tanah, biji wijen dan kenari semua memiliki setidaknya 2 gram serat per porsi ¼ cangkir. Makanan lain seperti Mentega, selai kacang, juga kaya akan kandungan serat. 

  2. Buah Apel Manfaat Buah Apel  sangat banyak sekali untuk kesehatan. Buah apel diketahui  kaya akan jenis serat larut yang disebut pektin, yang ditemukan terutama pada kulit buah apel. Pektin menyerap air dari saluran pencernaan, dan sebagai hasilnya adalah serat pembentuk sampah yang membantu menormalisasi tinja transit melalui usus. buah Apel merupakan  makanan serbaguna yang emmilki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain itu buah apel juga memiliki rasa yang lezat yang dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan yang sehat . 

  3. Buah alpukat. Salah satu makanan yang mengandung serat yang cukup baik adalah buah alpukat, mereka mengandung lebih dari 3 gram serat makanan, yang merupakan konsentrasi tertinggi dari serat dalam buah-buahan. Buah alpukat bisa langsung dimakan ataupun diolah menjadi berbagai macam makanan atau jus buah alpukat yang lezat dan menyehatkan. 

  4. Jenis buah berry. Buah seperti raspberry, blackberry, strawberry dan blueberry merupakan sumber serat yang bagus, dengan satu porsi raspberry mengandung lebih dari 8 gram, dan satu porsi blackberry mengandung lebih dari 7 gram. Buah-buahan selain mengandung serat alami juga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Seperti strawberry misalnya Hanya satu porsi memberikan  sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C  harian anda 

  5. Roti gandum. Sepotong roti gandum memiliki kandungan serat  1,8 dan 3,5 g serat, sementara itu sarapan dengan sereal yang mengandung biji-bijian dapat membrikan asupan serat  antara 5 dan 14 g serat per porsi.  Roti gandum juga sangat cocok dijadikan sebagai sarapan karena mengandung tinggi serat serta memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingan denga nasi. 

  6. Sayur-sayuran. Kebanyakan sayuran merupakan makanan sumber serat  yang baik  dan memiliki kalori yang sedikit. Misalnya saja, 1/2 cangkir brokoli mentah mengandung 4 gram serat, 3/4 cangkir kubis Brussel memiliki 3 g serat, 1/2 cangkir wortel dimasak memiliki 3,4 g serat, dua potong  terung, 4 g serat, 1 cangkir selada, 0,8 g serat, 1/2 cangkir okra memiliki 1,6 g serat, 1/2 cangkir bawang, 1,5 g serat, 1/2 cangkir zucchini memiliki 3 g serat dan kentang panggang kecil, 4,2 g serat. 

  7. Kacangan-kacangan.  kacang hijau segar dan  kacang polong kering, secara alami memberikan kebutuhan  serat yang banyak. Bahkan, teknologi pangan telah mempelajari bahwa serat yang terdapat dalam kacang-kacangan sebagai bahan pangan fungsional. 

  8. Kentang. Kentang merupakan makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Mengkonsumsi kentang  merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan asuapan serat yang cukup. Selain itu kentang juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan yang bisa anda jadikan sebagai pelengkap menu makanan untuk diet anda.
Demikian beberapa daftar makanan yang mengandung serat yang perlu untuk kita ketahui. Mengingat pentingnya fungsi serat dalam tubuh kita, maka kita harus mulai memperhatikan dan mencukupi kebutuhan serat harian kita dengan makan makanan yang mengandung tinggi serat.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.