khasiat manfaat bawang putih untuk pengobatan

Advertisement
Berbagai khasiat manfaat bawang putih telah lama diketahui. Bawang putih juga telah digunakan sebagai obat secara luas dalam pengobatan herbal ( Phytotherapy ) selama berabad-abad lamanya. Walaupun dalam penggunaan bawang putih sebagai obat itu sendiri juga masih diragukan, namun beberapa penelitian di zaman modern ini telah banyak mengungkap manfaat bawang putih untuk kesehatan dan pengobatan, sehingga bawang putih bisa diterima di masyarakat luas sebagai salah satu obat herbal yang baik. Ilmu pengetahuan modern telah menunjukkan bahwa bawang putih merupakan antibiotik alami yang kuat. Bakteri dalam tubuh kita tidak mampu berkembang saat kita mengkonsumsi bawang putih, tidak seperti antibiotik farmasi modern. 

khasiat manfaat bawang putih
Gambar: khasiat manfaat bawang putih
Khasiat dan Manfaat bawah putih
  1. Mencegah Alergi. Bawang putih dikenal memiliki sifat antivirus, yang membantu tubuh melawan alergi. Bawang putih  juga telah terbukti mampu mengurangi peradangan saluran napas karena alergi. Jus bawang putih mentah adalah pilihan yang baik untuk mebantuan mengatasi rasa gatal akibat ruam atau jenis alergi lainnya. 

  2. Bersifat antibakteri. bawang putih memeiliki manfaat untuk  pengobatan yang batuk dan iritasi tenggorokan lainnya . Bawang putih juga dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan atas, hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibakteri yang cukup kuat. 

  3. Mencegah diabetes. Bawang putih dianggap mampu mengatur kadar gula darah dengan cara meningkatkan pelepasan insulin pada penderita diabetes . Oleh karena itu obat yang efektif adalah dengan mengambil satu kapsul atau tablet bawang putih setiap hari untuk pencegahan diabetes dan juga membantu mengobatinya. 

  4. Tekanan Darah Tinggi. Studi klinis tentang manfaat bawang putih telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi  kapsul bawang putih setiap harinya selama lima bulan mengalami penurunan  tingkat tekanan darah mereka. Dosis yang disarankan adalah  600 - 900mg kapsul bawang putih sehari. 

  5. Mengurangi nyeri Arthritis. Bawang putih juga telah diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya pada orang dengan rheumatoid arthritis. Berbagai senyawa yang terdapat dalam bawang putih juga diyakini membantu dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai bentuk arthritis . 

  6. Sebagai antioksidan alami.  Ada banyak peneliti yang percaya bahwa senyawa organik, allicin, yang memberikan dan rasa pada bawang putih, bertindak sebagai salah satu antioksidan yang paling kuat di dunia. Tapi sampai sekarang penelitian masih belum bisa mengungkap bagaimana allicin dalam bawang putih bekerja sebagai antioksidan yang sangat kuat. 

  7. Bawang putih membantu mencegah kanker. Terutama kanker yang menyerang sisitem pencernaan, selain itu bawang putih juga mampu mencegah perkembangan jenis tumor tertentu sekaligus mengurangi ukuran tumor. Kandungan  sulfur dalam bawang putih juga ber-manfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi  bawang putih secara rutin dengan dosisi yang tepat juga sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga terkena penyakit kanker. 

  8. Mengurangi Berat badan. Banyak peneliti yang percaya bahwa anti - inflamasi dalam bawang putih membantu mengatur pembentukan sel-sel lemak dalam tubuh, salah satu faktor utama yang memicu obesitas. Konsumsi rutin bawang putih mentah atau suplemen bawang putih dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal. 

  9. Membantu menurunkan Kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi 600-900mg bawang putih setiap hari memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi pembentukan plak arteri  5-18 %. Oleh karena itu, obat alami yang efektif adalah dengan mengambil satu tablet bawang putih atau kapsul ( 600 - 900mg ) sekali per hari.
Apakah bawang putih memiliki efek samping ?

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2001 menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih "dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bila dikombinasikan dengan jenis obat yang digunakan untuk mengobati HIV / AIDS" . Keterangan lebih lanjut tersedia di situs http://www.niaid.nih.gov.

Bagi kebanyakan orang, bawang putih tidak menyebabkan efek samping yang serius. Namun orang-orang yang alergi terhadap bawang putih atau yang mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dapat menderita iritasi lambung, mulas, dan perut kembung. Bawang putih juga aman dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui, tentunya dengan dosis yang pas. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas ASI akan lebih baik saat sang ibu  rutin mengkonsumsi bawang putih. Demikian beberapa informasi  mengenai khasiat manfaat bawang putih untuk pengobatan. Mungkin anda juga ingin membaca khasiat manfaat kunyit yang luar biasa.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.