Khasiat manfaat jamur untuk kesehatan

Advertisement
Khasiat manfaat jamur  untuk kesehatan yang sangat  mengagumkan . Jamur sudah digunakan selama ribuan tahun baik untuk dikonsumsi maupun untuk tujuan pengobatan. Beberapa jenis jamur namun tidak dapat dimakan karena memiliki sifat beracun. Jadi untuk itu sebelum mengkonsumsi jamur anda harus memastikan bahwa jamur tersebut bukan yang beracun. Jamur biasanya diklasifikasikan sebagai sayuran atau ramuan tradisional.

Kebanyakan jenis Jamur mengandung sekitar 80-90 persen air, jamur mengandung  rendah kalori yang aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki kelebihan berat badan. Kandungan Sodium dalam beberapa jenis Jamur sangat sedikit. Oleh karena itu, jamur merupakan makanan yang ideal untuk orang-orang yang menjalani program diet. Selain itu jamur juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita  hipertensi. Jamur memiliki kandungan kalium yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi risiko stroke. Beberapa jenis jamur memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, seperti potportabella yang bahkan memiliki kandungan kalium lebih tinggi dari pada buah pisang. Sebagian besar jenis Jamur juga sangat kaya akan tembaga yang baik untuk kesehatan jantung dan fungsi terkait cardio lainnya.
Khasiat manfaat jamur  untuk kesehatan
Gambar: Khasiat manfaat jamur  untuk kesehatan
Jamur juga mengandung  beberapa nutrisi dan mineral penting. Jamur  sumber  yang sangat baik dari besi, selenium, kalium, fosfor, riboflavin, asam pantotenat, tembaga, dan seng. nutrisi ini berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dari berbagai macam penyakit. Misalnya, seng diperlukan untuk berbagai proses enzimatik yang mempengaruhi fungsi metabolisme, termasuk pembelahan dan perbaikan sel. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasokan seng yang memadai diperlukan untuk penyembuhan luka dan untuk menstabilkan kadar glukosa darah.

Dengan Menggunakan alat analitik modern, para ilmuwan di University of Illinois di Urbana Champaign menemukan bahwa enam varietas jamur telah diuji  dalam keadaan  mentah dan dimasak yang dikaitkan dengan kemampuannya  dalam penurun kolesterol dan membantu menjaga kesehatan hati, Temuan ini di publikasikan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry. Khasiat Manfaat Jamur untuk kesehatan dan pengobatan:

  • Mencegah kanker. Jamur kaya akan nutrisi penting seperti riboflavin, dan selenium. Selenium merupakan antioksidan yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh. Selain itu Selenium dalam Jamur juga bekerja dengan vitamin E untuk melindungi sel-sel sehat pada manusia dari efek merusak yang diakibatkan oleh radikal bebas. Jamur melindungi tubuh kita dari efek buruk radikal bebas, untuk itu Jamur sangat baik untuk orang-orang yang menderita kanker atau memiliki resiko untuk terkena kanker.    

  • Memperkuat sistem kekbalan tubuh. Ergothioneine adalah jenis anti oksidan yang terkandung dalam jamur. Antioksidan tersebut berguna untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada Manusia. Antioksidan ini sangat kuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kita tau bahwa banyak penyakit yang hinggap di tubuh manusia diakibatkan dari melemahnya sisitem kekebalan tubuh ini.  

  • Menjaga kesehatan jantung. Manfaat jamur sangat banyak untuk kesehatan dan penyembuhan, salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung, hal itu disebabkan karena jamur memiliki kandungan vitamin B1 dan B6. 

  • Mencegah Diabetes. Jamur memiliki kandungan gula yang rendah,  jamur bisa menjadi makanan untuk diet yang ideal bagi penderita diabetes. Jamur memiliki nol kandungan lemak dan hampir tidak memiliki kandungan kolesterol. Kebanyakan jenis Jamur mengandung enzim yang berefek sehat bagi orang yang menderita diabetes, karena jamur akan membantu makanan untuk mudah dicerna yang akan memberikan resiko yang kecil dari diabetes. bukan hanya mencegah diabetes, jamur juga bekerja pada kelenjar yang akan membantu dalam formulasi yang tepat dari insulin oleh pankreas. Pankreas adalah kelenjar besar yang memproduksi insulin yang membantu metabolisme gula. 

  • Menurunkan kadar kolesterol. Jamur merupakan makanan sumber serat yang sangat baik, serat bekerja untuk  menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi pada hewan yang dilakukan di laboratorium yang diterbitkan  dalam " International Journal of Medicinal Mushrooms "  tahun 2012 lalu menemukan bahwa jamur tiram merah muda mengurangi kadar kolesterol lebih baik dari jamur jenis lain,  selain itu Sebuah senyawa dalam jamur shiitake yang disebut critadenine mampu  membantu proses penurunan kolesterol di hati.
Khasiat manfaat jamur  memang sangat banyak untuk kesehatan.  Maka tidak heran jika jamur sekarang ini menjadi sangat populer dan digemari oleh masyarakat kita. Dan sudah banyak rumah makan yang menjadikan jamur sebagai menu utamanya.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.