Makanan sehat untuk memenuhi nutrisi harian

Advertisement
Memenuhi nutrisi harian dengan mengkonsumsi makanan sehat merupakan hal yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan kita. Perhari kita membutuhkan asupan mineral, vitamin, protein dan nutrisi penting lainnya dengan porsi yang direkomendasikan untuk menunjang aktifitas sekaligus menjaga kesehatan tubuh kita. Akan tetapi kenyataannya Kebanyakan dari kita lebih memilih makanan yang lezat tapi kurang memperhatikan dampak buruk atau pun kandungan nutrisinya. Berikut bebrapa makanan sehat untuk memenuhi nutrisi harian anda:
makanan sehat
Gambar: Makanan sehat
  1. Brokoli. Brokoli merupakan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting, sayuran ini dikenal dengan kandungan protein nabatinya yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti daging. Selain protein, brokoli juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mencegah kanker usus. Brokoli sangat baik digunakan sebagai menu makanan untuk diet sehat karena memiliki kandungan karbohidrat yang relatif rendah. Selain itu, brokoli juga mengandung dua senyawa - indole - 3-carbinol dan diindolylmethane - dengan kemampuan anti - kanker yang sangat  kuat, zat tersebut sangat efektif melawan beberapa kanker seperti kanker payudara, prostat dan kanker ovarium. 

  2. Bayam. Anda pasti sudah tau jika sayuran yang satu ini merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bayam merupakan makanan sumber zat besi yang sangat baik. Bayam mengandung 18 vitamin dan mineral yang berbeda, bayam juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

  3. Buah apel. Manfaat buah apel sangat banyak sekali untuk kesehatan, buah yang memiliki tekstur renyah ini memang terkenal karena rasanya yang sangat lezat  sehingga digemari banyak orang. Dalam sebuah studi para peneliti menemukan bahwa wanita tua yang memulai makan buah apel setiap hari mengalami penurunan 23 persen dalam tingkat kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan 4% dalam kolesterol baik (HDL) hanya dalam waktu enam bulan. 

  4. Oatmeal. makanan ini terbuat dari gandum yang dihancurkan berupa serpihan-serpihan. Oatmeal kurang dikenali oleh masyarakat Indonesia akan tetapi sangat populer di negara-negara eropa. Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan biasanya digunakan sebagai menu sarapan.  Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari akan mengalami penurunan tingkat kolesterol dalam darah mereka, hal tersebut dikarenakan kandungan serat larut yang dimilikinya.  Oatmeal kaya akan karbohidrat kompleks, serta serat yang larut dalam air, yang memperlambat pencernaan bawah dan menstabilkan kadar glukosa darah, sehingga oat meal sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

  5. Buah alpukat. Buah yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu buah untuk diet sehat karena selain kaya akan kandungan nutrisi penting juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah alpukat memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, akan tetapi jenis lemak yang dimiliki buah alpukat merupakan lemak baik atau dikenal dengan (HDL). 

  6. Kentang. Makanan ini sangat kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kentang diketahui  juga dapat membantu dalam mengurangi risiko kanker dan penelitian juga mendapatkan jika kentang dapat melawan kanker dengan baik.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.