10 Khasiat dan manfaat bawang merah

Advertisement

Khasiat dan manfaat bawang merah sangat banyak sekali untuk kesehatan dan juga pengobatan dari penyakit. Sebagian besar dari kita mengenal bawang merah sebagai salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan dalam berbagai aneka masakan seperti soto ayam, nasi pecel atau nasi goreng. Berikut beberapa khasiat dan manfaat bawang merah untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit:

  1. Mengatur kadar gula darah. Bawang merah kaya akan kandungan kromium yang merupakan salah satu mineral yang bekerja untuk mengontrol tingkat insulin dalam darah.   

  2. Antioksidan. Bawang merah merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang dapat membantu anda untuk menangkal dari berbagai macam penyakit yang menyerang sistem imun seperti flu. Selain itu bawang merah juga menganudng vitamin C dan juga mineral penting seperti mangan, jenis mineral ini diperlukan sebagai enzim antioksidan superoksida dismutase. 
Khasiat dan manfaat bawang merah
Gambar: Khasiat dan manfaat bawang merah
  1. Mencegah kanker. Semua jenis bawang termasuk  bawang putih dan daun bawang, mengandung senyawa yang disebut organosulfur senyawa ini terbukti mampu mencegah kanker pada hewan yang diteliti di laboratorium. Selain itu antioksidan dalam bawang dapat mencegah penyakit  kanker  dengan cara mengurangi kerusakan DNA dalam sel yang disebabkan oleh radikal bebas. 

  2. Melancarkan buang air besar. Bawang merah mengandung aneka mineral penting seperti zat besi, fosfor dan juga kalsium dan juga vitamin seperti vitamin A dan C beberapa zat tersebut dapat membantu melancarkan buang air besar. 

  3. Memebantu mengobati sakit gigi. Penelitian terbaru mengungkap bahwa bawang merah dapat membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan mengatasi masalah gigi lainnya. Untuk itu dengan mengunyah bawang merah dalam keadaan mentah selama kurang lebih tiga menit bisa membantu anda untuk membunuh kuman di mulut dan gigi anda.  

  4. Mendapatkan tulang yang kuat. Mengkonsumsi bawang merah diketahui dapat membantu anda mencegah osteoporosis karena zat baru (GPC) yang ditemukan dalam bawang merah memiliki kemampuan dalam membantu mempertahankan kepadatan tulang. Bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena osteoporosis dapat mengkonsumsi bawang merah untuk membantu memperkecil resiko tersebut. 

  5. Membantu mengobati alergi. Bagi anda yang memiliki alergi tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi bawang merah sebagai terapi penyembuhan alergi. Bawang merah kaya akan kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan yang dikenal memiliki sifat anti-alergi. Dalam sebuah penelitian juga berhasil mengungkap bahwa zat tersebut dapat mengurangi demam. 

  6. Mengatasi Masuk angin. Cara pemakaianya: ambil perasan bawang merah dan halba (merupakan tumbuhan yang bijinya dibuat obat atau digunakan sebagai rempah- rempah), rebus setengah gelas. Tambahkan juga madu kemudian minumlah sekali sehari. 

  7. Mengatasi Sembelit. Cara pemakaianya: ambil bawang merah yang sudah dihaluskan sebanyak kurang lebih setengah gelas dan 1 gelas susu  kemudian larutkan keduanya. Minum ramuan tersebut sekali sehari pada waktu pagi hingga sembelit anda sembuh. 

  8. Mengatasi Mencret-mencret. Cara pemakaianya: siapkan setengah gelas bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, kemudian siapkan juga biji kopi yang sudah ditumbuk dan madu setengah gelas, kemudian aduk hingga merata. Anda dapat minum ramuan tersebut 1 kali sehari.Ingat ramuan tersebut hanya bisa digunakan sebagi obat sementara, jika tidak kunjung sembuh periksakanlah ke dokter. 
Selain itu bawang merah juga memiliki efek samping seperti migraine, pening, menggelapkan penglihatan dan juga bau mulut. Akan tetapi efek samping tersebut dapat anda hindari jika mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan dimasak.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.