10 tips dan cara menurunkan berat badan

Advertisement

Beberapa Tips dan cara menurunkan berat badan yang bisa anda coba. Memiliki tubuh yang sehat dan juga ideal merupakan impian semua orang. Akan tetapi kebanyakan dari mereka kurang memperhatikan asupan makanan dan juga menjaga pola hidup sehat sehingga memiliki tubuh yang ideal hanya sekedar impian semata. Kurangnya menjaga asupan makanan dan aktifitas fisik merupakan salah satu pemicu terbesar naiknya berat badan.

Memiliki kelebihan berat badan pastinya sangat mengganggu, selain menurunkan kepercayaan diri kelebihan berat badan juga memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Selain itu kelebihan berat badan juga akan mengganggu aktifitas harian kita yang pastinya tidak kita inginkan. Berikut 10  tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan:

tips dan cara menurunkan berat badan
Gambar: Tips dan cara menurunkan berat badan
  1. Berlari. Olahraga Lari memang merupakan cara yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan, kebanyakan orang memang kurang menyukai cara yang satu ini untuk menurunkan berat badan karena selain menyita banyak waktu juga cukup melelahkan, akan tetapi diakui atau tidak olahraga lari merupakan cara yang sangat efektif untuk membakar lemak. 

  2. Hindari makanan berlemak. Seperti halnya olahraga cara ini merupakan salah satu hal yang wajib anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Makanan berlemak selain dapat menyebabkan naiknya berat badan juga menyimpan bahaya tersendiri, beberapa penyakit seperti, kanker hati, kanker payudara dan darah tinggi bisa menghampiri anda saat anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. 

  3. Hindari begadang. Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus anda tinggalkan. Saat anda begadang biasanya anda akan mudah merasa lapar hal ini akan membuat anda suka negemil di malam hari yang menyebabkan naiknya berat badan. Selain dapat memicu naiknya berat badan begadang juga memiliki efek yang buruk untuk kesehatan seperti memicu penyakit kanker. 

  4. Kurangi konsumsi minuman manis. Seperti dilansir dari indiatimes.com diketahui bahwa mengkonsumsi minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat memicu naiknya berat badan anda. Hal ini disebabkan karena di dalam kandungan gula tersebut terdapat bahan yang disebut kilojoule. Bahan ini lah yang diketahui dapat  membuat anda merasa tidak mudah kenyang sehingga setelah mengkonsumsi minuman manis tersebut biasanya cenderung akan mengkonsumsi makanan untuk membuat tubuh merasa kenyang. 

  5. Memenuhi kebutuhan  Asam Lemak Esensial.  Kenaikan berat badan biasanya lebih mudah dialami oleh wanita, hal tersebut dikarenakan wanita lebih sering mengalami kekurangan lemak yang baik untuk menghasilkan hormon dan mempertahankan metabolisme tubuh. Kekurangan tiroid dapat berakibat pada peningkatan nafsu makan terhadap makanan berlemak. Beberapa makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial adalah kacang-kacangan, brokoli dan buah alpukat. 

  6. Penuhi kebutuhan serat harian anda. Menkonsumsi makanan yang mengandung serat memang sangat dianjurkan. Makanan dengan tinggi serat diketahui cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah berbagai macam penyakit terkait dengan pencernaan. Untuk mengetahui daftar makanan yang mengandung tinggi serat anda bisa membaca artikel makanan yang mengandung serat tinggi. 

  7. Olahraga renang. Berenang  baru-baru ini diakui sebagai salah satu olahraga pembakar kalori terbesar, oleh karena itu berenang sangat baik untuk menurunkan berat badan anda. Selain mampu membakara kalori dengan cepat berenang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya, Menguragi Gejala Arthritis, Memperbaiki Gejala/Serangan Asma, menurunkan kadar  kolesterol, Mengurangi  Resiko Diabetes dan menjaga kesehatan jantung. 

  8. Hindari stres. Para peneliti berhasil menemukan bahwa ternyata ketika seseorang dalam keadaan stres, salah satu gen memompa keluarnya protein, dan selanjutnya mempengaruhi metabolisme yang berkontribusi terhadap keinginan untuk mengkonsumsi  jenis makanan manis dan berlemak. Tentunya hal ini lah yang akan memicu naiknya berat badan. 

  9. Jangan melewatkan sarapan. Selain untuk membantu kita beraktivitas lebih semangat keesokan harinya, sarapan ternyata juga bisa membantu membuat berat badan seseorang lebih stabil, jadi jika anda melewatkan sarapan untuk menurunkan berat badan itu merupakan cara yang kurang tepat. Para ahli juga menyarankan agar tidak melewatkan waktu sarapan pagi sebelum memulai beraktivitas. Untuk menu sarapan itu sendiri sebaiknya anda memilih makanan yang kaya akan nutrisi penting dan rendah lemak Misalnya, jus jeruk, anggur, buah alpukat atau yogurt rendah lemak yang kaya akan kandungan kalsium dan magnesium. 

  10. Hindari makanan berkarbohidrat yang digoreng. Salah satu makanan yang tinggi karbohidrat yang sering disajikan dalam bentuk digoreng adalah kripik kentang, makanan yang renyah dan gurih ini memang sangat lezat dan memiliki banyak penggemar, tapi sebaiknya bagi anda yang gemar mengkonsumsi makanan yang satu ini harus lebih berhati-hati karena Makanan ini ternyata lebih mudah membuat berat badan bertambah dibandingkan dengan soda, es krim, maupun alkohol sekalipun. Hal tersebut dikarenakan keripik kentang terbuat dari kentang (penuh karbohidrat), digoreng (penuh minyak) dan kemudian ditaburi dengan garam perasa (penuh natrium) yang dapat memicu naiknya berat badan.
Tidak ada salahnya anda mencoba cara di atas untuk membantu menurunkan berat badan. Cara alami memang cukup merepotkan dan menyita banyak waktu, tapi tentunya lebih efektif dan aman. Demikian beberapa tips dan cara menurunkan berat badan semoga bermanfaat bagi para pembaca.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.