Makanan pemicu naiknya kolesterol

Advertisement
Menjaga pola makan dengan memilih makanan yang kaya akan nutirisi dan juga menghindari makanan yang kurang sehat seperti terlalu banyak lemak dan juga kolesterol merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol darah sekaligus memperbesar risiko anda untuk terserang penyakit jantung. Menurut American Heart Association banyak makanan yang berasal dari hewan seperti olahan daging, produk susu  yang mengandung lemak jenuh yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut beberapa makanan yang mengandung kolesterol yang sebaiknya harus anda kurangi:
Makanan pemicu naiknya kolesterol
Gambar: Makanan pemicu naiknya kolesterol
  1. Telur. Telur merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi penting seperti mineral, protein, dan vitamin D yang kesemuanya sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak, akan tetapi mengkonsumsi banyak telur dapat berakibat kurang baik juga untuk kesehatan kerana telur mengandung lemak dan juga kolesterol yang pastinya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. 

  2. Kulit ayam. Saat anda makan ayam usahakan menghindari bagian kulitnya, kulit ayam merupakan sumber lemak yang sangat tidak baik untuk kesehatan dan dapat memicu naiknya kadar kolesterol. Kulit ayam biasanya dianggap juga sebagai junkfood atau makanan sampah yang merugikan bagi kesehatan. 

  3. Daging panggang. Makanan seperti sate dan steak mungkin merupakan beberapa dari makanan yang menjadi favorit banyak orang. Daging sendiri sebenarnya merupakan salah satu makanan yang tidak boleh anda konsumsi secara berlebihan karena walapun kaya akan kandungan protein dan mineral penting daging juga menyimpan bahaya tersendiri yaitu kandungan lemk dan juga klesterolnya yang cukup tinggi. Daging kambing mengandung 78 kolesterol dan 0,79 mg lemak jenuh. Sementara daging sapi mengandung 84 mg  kolesterol serta 6,8 mg lemak jenuh.  

  4. Kentang goreng. Kentang merupakan makanan sumber karbohidrat yang cukup baik akan tetapi sebaiknya anda harus menghindari makan terlalu banyak kentang terutama yang disajikan dalam bentuk digoreng karena akan menyediakan banyak kandungan  lemak dan juga kolesterol.

  5.  Es krim. Es Krim merupakan hidangan penutup yang paling populer karena rasanya yang manis dan memiliki fariasi rasa. Bagai anda yang meyukai es krim ada baiknya untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya karena diketahui satu cangkir es krim memiliki kandungan lemak  lebih banyak dari pada hamburger dan memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan donat.  

  6. Udang goreng. Dalam 100 gram udang mengandung 195mg kolesterol, Sedangkan udang besar mengandung 11mg kolesterol. Udang walaupun mengandung kolesterol tapi juga memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, jadi untuk itu sebaiknya anda hanya perlu untuk megurangi konsumsi udang bukan menghindarinya secara keseluruhan.
Sebenarnya anda tidak perlu menghindari makanan di atas secara keseluruhan karena dibalik kandungan lemak dan juga kolesterolnya makanan tersebut pastinya juga menyimpan manfaat untuk kesehatan.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.