10 Manfaat Coklat Hitam yang sangat mengagumkan

Advertisement
10 Manfaat Coklat hitam yang sangat mengagumkan untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Coklat merupakan makanan yang sangat populer diseluruh dunia dan menjadi favorit banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Coklat dapat diolah menjadi berbagai macam makanan seperti kue, es krim dan masih banyak lagi olahan makanan dari coklat. Rasanya yang manis dan khas memang merupakan daya tarik tersendiri  dari coklat, akan tetapi reputasi coklat ini tidak selamanya baik, banyak beberapa orang yang meyakini bahwa coklat merupakan makanan yang bertanggung jawab terhadap munculnya gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes dan peningkatan kadar kolesterol.

Perlu kita ketahui bersama bahwa coklat sebenarnya tidak selamanya memiliki efek yang buruk untuk kesehatan, bahakan sebaliknya coklat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Faktanya  coklat gelap yang mengandung senyawa alami banyak menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan.
10 Manfaat Coklat Hitam
Gambar:  Manfaat Coklat Hitam
10 Manfaat coklat hitam yang mengagumkan

  1. Sumber Vitamin & mineral. Coklat hitam kaya akan kandungan mineral penting diantaranya, kalium, kalsium,  magnesium, zat besi dan tembaga. Selain mineral coklat juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun. 

  2. Kaya akan Antioksidan. Coklat hitam mengandung beberapa senyawa antioksidan seperti yang ditemukan dalam beberapa biji-bijian, buah-buahan  sayuran dan kacang-kacangan. Kandungan antioksidan yang dimiliki coklat dapat menyaingi blueberry dan acai berry yang merupakan buah dengan antioksidan terkuat. Coklat hitam bahkan melampaui kualitas antioksidan yang dimiliki oleh anggur merah dan teh hijau, kita tau bahwa keduanya merupakan sumber antioksidan terbaik. 

  3. Menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa coklat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, akan tetapi efeknya masih ringan. Senyawa bioaktif dalam coklat dapat meningkatkan aliran darah dalam arteri sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Selain itu coklat  juga dapat memberikan manfaat kardiovaskular dengan membantu metabolisme oksida nitrat, seperti yang dijelaskan oleh Ori Hofmekler. 

  4. Meningkatkan kolesterol baik (HDL). Mengkonsumsi coklat hitam secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung.Dalam sebuah penelitian coklat bubuk diketahui secara signifikan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan pada saat yang bersamaan coklat juga meningkatkan HDL. Hal ini juga menepis anggapan bahwa coklat dapat meningkatkan kolesterol jahat sehingga memicu munculnya penyakit jantung. 

  5. Meningkatkan Mikroba yang baik. Ketika anda mengkonsumsi coklat hitam dapat menghasilkan senyawa g ant inflamasi. Sehingga dapat mencegah berkemabangnya bakteri jahat dalam usus yang dapat menyebabkan peradangan, kembung, diare dan sembelit. 

  6. Meningkatkan fungsi otak. Hampir sama dengan kopi coklat juga memiliki kandungan kafein tapi dalam jumlah yang sedikit. Karena kandungan kafeinnya coklat dapat menstimulasi otak tanpa menyebabkan sakit kepala. Kandungan kafein dalam coklat juga jauh lebih sedikit yaitu 27 mg kafein  dalam 2 ons coklat, sedangkan secangkir kopi biasa mengandung 200 mg sehingga coklat masih aman untuk dikonsusmi. 

  7. Menjaga kesehatan jantung. Coklat hitam mengandung Magnesium, vitamin E dan tembaga, yang memiliki manfaat  untuk mencegah penyakit jantung. Memenuhi asupan magnesium dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat darah mengalir lebih baik, sedangkan kandungan temabag  dalam coklat dapat membantu sel darah untuk menerima oksigen. 

  8. Meningkatkan suasana hati. Coklat hitam merangsang produksi endorfin, merupakan zat kimia di otak yang dapat memperbaiki suasana hati. Coklat hitam juga mengandung serotonin kimia, yang bertindak sebagai antidepresi. 

  9. Melindungi kulit. Manfaat coklat yang lain adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Peneliti di Jerman menemukan bahwa flavonoid dalam Coklat hitam mampu menyerap sinar UV serta membantu melindungi dan meningkatkan aliran darah ke kulit. 

  10. Manfaat coklat yang terakir adalah Mencegah kanker. Kerusakan DNA dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Mengkonsumsi setidaknya 45 gram atau sekitar 1,5 ons coklat hitam sehari dapat mengurangi kerusakan DNA anda, hal ini kemungkinan besar dikarenakan coklat hitam mengandung tinggi flavonoid.
Walapun coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan itu bukan berarti anda boleh mengkonsumsi coklat secara berlebihan, bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan ada baiknya untuk mengurangi konsumsi coklat, terlebih coklat yang beredar di pasaran banyak yang mendapat tambahan pemanis buatan dan gula yang pastinya menjadikan manfaat coklat tidak sebanyak jika masih murni.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.