11 Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Advertisement

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan yang sangat mengagumkan. Kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung protein nabati yang memiliki manfaat bagi kesehatan, berbeda dengan protein hewani protein nabati relatif lebih sehat karena berasal dari tumbuh-tumbuhan. Protein nabati dikenal dapat mencegah hilangnya kalsium dalam urin, dan dapat membantu melindungi tulang anda dari osteoporosis.

11 Manfaat Susu kedelai untuk kesehatan
Manfaat susu kedelai untuk kesehatan
Gambar: Manfaat susu kedelai untuk kesehatan
  1. Meningkatkan kesehatan jantung. Salah satu manfaat yang ditawarkan susu kedelai yaitu kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung.  makanan olahan kedelai dapat membantu menurunkan lemak darah tertentu, sehingga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah. selain itu Susu kedelai juga  mengandung beberapa nurtrisi penting seperti vitamin, omega 3 dan juga protein nabati. 

  2. Mengankal radikal bebas. Asam lemak yang terdapat dalam susu kedelai bermanfaat untuk menangkal  radikal bebas. Selain itu susu kedelai  dapat meningkatkan fleksibilitas sel, yang pada gilirannya dapat menstabilkan tekanan darah. 

  3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Susu kedelai mengandung gula prebiotik stachyose dan raffinose. Gula prebiotik memiliki manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengurangi zat-zat beracun dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. 

  4. Susu kedelai kaya akan isoflavon. Setiap secangkir susu kedelai mengandung sekitar 20 mg isoflavon. Sedangkan Susu sapi tidak mengandung isoflavon. Isoflavon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk dapat menurunkan kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis dan pengurangan risiko kanker tertentu seperti kanker prostat dan kanker payudara. Penyakit kanker juga lebih jarang dialami oleh negara-negara yang  memiliki asupan tinggi produk kedelai. Isoflavon juga merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel dan DNA terhadap oksidasi. 

  5. Mengurangi resiko diabetes. Susu kedelai mengandung dua mikronutrien yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2 yaitu magnesium dan vitamin D. Meskipun susu kedelai tidak dapat mengobati penyakit diabetes akan tetapi orang-orang yang kurang mencukupi ke dua nutrisi tersebut memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2. 1 cangkir susu kedelai mengandung 8,6 persen dari magnesium dan 18 persen vitamin D. Selain itu, susu kedelai merupakan makanan yang aman bagi orang-orang dengan diabetes tipe 2, dengan glikemik rendah indeks 31. 

  6. Kesehatan mental. Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko deperesi dan gangguan mental lainnya, karena mengandung sejumlah zat gizi mikro yang memiliki manfaat bagi kesehatan mental. 1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B - 6 yang membantu tubuh Anda untuk membuat serotonin neurokimia yang dapat meningkatkan suasana hati.

  7. Mencegah penuaan. Susu memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu kedelai memiliki Saponin, yang merupakan antioksidan yang berperan untuk mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi susu kedelai sejak masih muda merupakaan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menunda proses penuaan secara alami. 

  8. Menjaga kestabilan berat badan. Susu kedelai mengandung tinggi serat yang dapat mengontrol berat badan anda pada tingkat yang ideal. Selain itu susu kedelai juga memiliki indeks glisemik yang rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini tentunya dapat memebantu anda untuk menurunkan berat badan.

  9. Mencegah Kanker payudara. Susu kedelai diketahui dapat membantu mencegah kanker payudara, usahakan mengkonsumsi susu kedelai selama masa kanak-kanak atau remaja. Mengkonsumsi susu kedelai pada usia dewasa mungkin tidak akan berefek pada pencegah penyakit kanker, akan tetapi dapat memberikan tambahan asupan protein, serat dan nutrisi penting lainnya. 

  10. Mencegah osteoporosis. Walaupun susu kedelai tidak kaya akan kandungan kalsium akan tetapi susu kedelai dapat membantu anda mendapatkan tulang yang kuat  karena kandungan phytoestrogen dalam susu kedelai dapat mencegah osteoporosis dengan meningkatkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal ini juga dapat mencegah hilangnya kepadatan tulang. 

  11. Mengandung Riboflavin dan Vitamin B 12. Susu kedelai membantu anda mendapatkan asupan vitamin B kompleks serta riboflavin, atau vitamin B 2, dan vitamin B 12. Memenuhi kebutuhan  vitamin B 12 dapat membantu sel-sel memproduksi DNA serta membantu dalam fungsi sel darah merah dan juga menjaga kesehatan saraf anda. Dalam Satu porsi susu kedelai menyediakan 3 mikrogram vitamin B 12, lebih dari 2,4 mikrogram dari kebutuhan Vitamin B 12 harian anda. Selain itu riboflavin dalam susu kedelai membantu sel-sel menghasilkan energi, dan juga melindungi DNA dari kerusakan.
Demikianlah beberapa daftar manfaat susu kedelai untuk kesehatan, mungkin bagi anda yang ingin memulai program diet sehat tidak ada salahnya mengganti susu sapi dengan susu kedelai yang pastinya lebih sehat dan rendah lemak. 
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.