17 Cara berhenti merokok yang efektif

Advertisement
17 Cara berhenti merokok yang efektif untuk membuat anda total meinggalkan rokok. Mungkin beberapa dari kita dulu merokok awalnya hanya untuk coba-coba saja atau ikut-ikutan teman kita saat masih di SMP atau SMA serta belum mengetahui bahaya merokok untuk kesehatan, akan tetapi saat kita mulai beranjak dewasa dan setelah kita tau bahwa merokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita mulai untuk berhenti merokok. Pastinya bagi anda yang merupakan perokok aktif tidak mudah untuk berhenti merokok begitu saja karena sudah menjadi kebiasaan atau mungkin sudah kecanduan. Berikut beberapa tips atau cara yang bisa anda terapkan untuk berhenti merokok:
Cara berhenti merokok yang efektif
Gambar: Cara berhenti merokok yang efektif
  1. Cari informasi mengenai bahaya merokok. cara ini mungkin bisa anda lakukan untuk menguatkan niat anda berhenti merokok, dengan anda tau bahwa merokok memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan maka niat anda akan semakin kuat untuk berhenti merokok. 

  2. Cobalah kurangi intensitas merokok anda. Tidak mudah memang jika kita mengubah kebiasaan secara langsung atau total, jika anda bisa melakukannya itu lebih bagus, akan tetapi jika tidak mampu paling tidak anda bisa mengurangi kebiasaan merokok anda. Cara ini memang sangat tergantung dengan seberapa kuat niat anda untuk berhenti merokok. 

  3. Bandingkan antara dampak negatif dan kesenangan saat anda merokok. nah dari sini anda akan tau mengapa anda merokok dan mengapa anda harus berhenti merokok. Cobalah merenung sejenak dan mulai berfikir apa saja yang sudah anda dapatkan dari rokok, berupa kebahagian kah? Terlihat lebih maco kah? Atau bahkan hanya sekedar mencoba ? setelah anda tau kesenangan apa yang ditawarkan dari rokok saat itu juga mulailah untuk mengingat kerugian apakah yang sudah anda dapatkan saat merokok, mungkin kerugian dari sisi kesehatan baru akan terlihat jangka panjang akan tetapi salah satu yang pasti adalah membuang uang secara percuma tanpa ada manfaatnya. Setelah anda membandingkan antara kesenangan dan kerugian merokok maka mulailah untuk mengambil keputusan. 

  4. Hilangkan pikiran anda untuk merokok. cobalah untuk mengalihkan pikiran anda ke hal yang lain saat anda mulai berfikir untuk merokok. anda dapat menggantinya dengan kegiatan yang lebih positif dan juga bermanfaat seperti olahraga atau sekedar membaca buku. 

  5. Cobalah untuk ngemil dengan makanan sehat. Saya pernah mendengar beberapa orang yang aktif merokok mengatakan bahwa mereka selalu merasa ada yang kurang saat tidak merokok seusai makan, rokok mungkin sudah menjadi pengganti camilan bagi sebagian dari mereka, jadi dengan cara anda ngemil makanan ringan mungkin anda akan lupa dengan kebiasaan merokok. 

  6. Ubah minuman anda. Menurut penelitian, minuman bersoda, alkohol  dan kopi membuat merokok terasa lebih enak. Jadi, tidak ada salahnya menghindari beberapa minuman tersebut untuk membiasakan diri berhenti merokok. Beberapa orang menemukan bahwa hanya dengan mengubah minuman mereka (misalnya, beralih dari minuman beralkohol ke jus tomat), dapat mempengaruhi keinginan mereka untuk merokok. 

  7. Memilih makanan. Kebanyakan orang merokok setelah makan. Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa beberapa makanan, termasuk daging, membuat merokok terasa lebih menyenangkan. Akan tetapi sebaliknya beberapa makanan seperti buah dan sayuran, membuat rokok terasa mengerikan. Jadi anda bisa merubah menu makanan anda untuk berhenti merokok. 

  8. Mengganti rokok dengan teh herbal. Beralih dari rokok ke secangkir teh herbal mungkin merupakan salah satu cara yang bisa anda coba untuk berhenti merokok. Setelah anda sarapan jika biasanya anda merokok mungkin sebaiknya anda ganti dengan minum teh hijau yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan cara anda menyeduh teh herbal perlahan-lahan akan menggantikan kecanduan anda terhadap nikotin. 

  9. Cari tau waktu anda merokok. bagi perokok biasanya memiliki waktu-waktu tertentu untuk merokok, biasanya saat setelah makan, setelah sarapan dan mungkin saat tidak ada yang dilakukan. Dengan anda mengenali waktu-waktu merokok anda dapat menggantinya dengan kegiatan lain misalnya bermain sepakbola, berenang atau kegiatan yang tidak bisa dilakukan bersamaan dengan merokok. 

  10. Kuatkan niat. Saat anda mulai putus asa untuk berhenti merokok Pikirkan hal-hal sulit yang telah anda lakukan di masa lalu. Mintalah orang-orang yang mengenal anda dengan baik untuk mengingatkan tentang tantangan yang telah berhasil diatasi, kata Dr Lieberman. Hal Ini akan memberi Anda kepercayaan diri untuk tetap konsisten berhenti merokok.  

  11. Mintalah dukungan pada orang terdekat anda. Dalam hal ini meliputi suami/istri, anak, teman atau orang tua agar anda lebih yakin untuk berhenti merokok. selain itu dukungan dari orang terdekat juga akan memberikan semangat dan suggesti kepada anda untuk berkomitmen menjauhi rokok. 

  12. Selalu ingat-ingat damapak negatif rokok. Merokok bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain, bahkan perokok pasif lebih merasakan bahayanya dibandingan perokok aktif. Ingatlah bahwa keluarga anda juga akan menanggung kebiasaan merokok anda seperti istri/suami, anak dan juga orang yang anda sayangi lainnya. 

  13. Konsultasi dengan dokter. Cobalah untuk meminta saran dari dokter supaya anda dapat menghentikan kebiasaan buruk tersebut, dengan berkonsultasi anda juga dapat menceritakan seputar kendala yang anda hadapi untuk berhenti merokok, dan dari situ juga mungkin dokter dapat membantu anda mencari jalan keluar untuk menghindarkan anda dari rokok. 

  14. Terapi pengganti nikotin. Patch nikotin dapat melepaskan aliran nikotin ke dalam aliran darah anda melalui kulit, dan permen karet nikotin memberikan nikotin melalui lapisan dalam mulut Anda. Bentuk lain dari terapi ini  termasuk semprotan nikotin dan inhaler yang juga bekerja dengan memberikan nikotin ke tubuh anda tanpa melalui rokok. Untuk cara ini mintalah saran dokter mengenai sejauh mana tingkat  keefektifan dan juga efek samping yang mungkin bisa ditimbulkannya. 

  15. Cari lah teman yang sama-sama ingin berhenti merokok. Cara tersebut selain dapat memberikan dukungan moral kepada anda mungkin juga dapat memberikan semangat yang lebih untuk berhenti merokok. Cara ini memiliki banyak manfaat diantarnya Saat anda mulai ingin merokok teman anda bisa mengingatkan atau mengajak anda untuk melakukan kegiatan lain yang membuata anda  lupa dengan kegiatan merokok. 

  16. Terapi akupuntur. Prosedur Terapi Laser dapat membantu anda mengatasi kecanduan secara fisik terhadap nikotin dengan cara menstimulasi jalur utama neuro kimia di hidung, telinga, jari, pergelangan tangan dan kelenjar di bawah otak serta beberapa titik-titik akupuntur dengan sinar laser. Proses ini bekerja dengan cara mengirimkan sinyal ke otak anda untuk memproduksi endorfin yang merupakan hormon kimiawi yang dapat memberikan perasaan senang  serta mengurangi rasa sakit. 

  17. Memilih teman yang tidak merokok. mungkin cara ini bisa anda lakukan untuk meyakinkan bahwa anda benar-benar ingin berhenti merokok. saat anda melihat teman anda merokok biasanya akan timbul perasaan ingin merokok, jadi dengan memilih teman yang yang bukan perokok mungkin bisa membantu untuk menghindarkan anda dari kebiasaan buruk tersebut.
Tidak mudah memang bagi anda yang sudah terlanjur kecanduan untuk begitu saja berhenti merokok. Akan tetapi pastinya itu bukan berarti anda tidak bisa melakukannya, keinginan yang kuat dari diri sendiri serta dukungan dari orang-orang terdekat anda sangat berperan penting untuk menentukan keberhasilan anda dalam meninggalkan rokok secara total. Jadi jangan pernah menyerah dan tetaplah berusaha. Baca juga cara membersihkan paru-paru dari asap rokok.
loading...
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.