Cara menghilangkan trauma dengan 6 langkah

Advertisement
Peristiwa traumatis terjadi setiap hari menimpa banyak orang di seluruh dunia. Trauma bisa menjadi hasil dari bencana yang tak terduga termasuk kecelakaan, bencana alam dsb. Ada juga yang sifatnya disengaja seperti perlakukan orang lain termasuk istri/suami. Kadang-kadang kita sulit untuk menghilangkan rasa trauma kita karena perasaan tersebut sering mucnul tiba-tiba tanpa kita sadari.

Setelah peristiwa traumatis, banyak orang menunjukkan beberapa tanda-tanda stres. Para ahli mengatakan ini adalah normal, tapi bukan berarti kita harus mengabaikannya. Beberapa individu dapat menangani stres lebih baik daripada yang lain.  Pertama-tama, Anda harus menyadari tanda-tanda stres. Tanda-tanda ini dari stres mencakup bidang Anda tubuh, emosi, pemikiran, dan perilaku. Beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi trauma diantaranya:

1. Berdo’a. Berdo’a memang memberikan efek yang sangat baik sekali bagi kesehatan jiwa seseorang. Dengan kita berdo’a maka kita akan merasa tenang dan percaya diri dengan apa yang akan kita lakukan.

2. Membawa diri kembali ke saat ini. Peristiwa traumatis cenderung membawa anda ke masa lalu dimana kita baru saja mengalami kejadian yang tidak mengenakkan tersebut sehingga membuat anda menjadi takut. Cara untuk mengatasi trauma semacam ini adalah dengan melihat diri anda sekarang, dimana anda sedang duduk. Dengan begitu anda akan merasa bahwa anda tidak berada pada masa lalu tersebut.

3. Melakukan aktivitas yang menyibukkan. Saat sendiri kita sering teringat dengan sesuatu yang membuat trauma atau masalah yang mengganjal di pikiran kita, hal ini kadang membuat kita tidak bisa tidur. Jadi anda harus melakukan aktivitas yang membuat anda menjadi lebih sibuk sehingga tidak punya waktu mengingat masa lalu yang tidak mengenakkan tersebut.

4. Tawakal. Jika trauma yang anda alami adalah hasil dai sebuah peristiwa seperti tragedi, kadang itu akan membuat anda terbayang-bayang sehingga takut melakukan hal yang berhubungan dengan sesuatu tersebut. Jika sudah seperti ini maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan bertawakal, percayalah jika semua peristiwa itu sudah ditentukan oleh Alloh, jadi anda tidak usah merasa takut.

5. Selalu berfikir positif. Selalu berfikir positif akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan anda, selain membantu menghilangkan trauma yang anda alami, hal ini akan membuat anda lebih percaya diri dan tidak mudah putus asa. Berfikir positif juga bisa membuat anda menjadi lebih rileks dan tidak mudah merasa was-was.

6. Ambil napas sebelum mengambil tindakan. Cara menghilangkan trauma seperti ini cukup sederhana tapi mungkin akan sangat membantu mengatasi trauma yang sedang anda alami. Banyak dari kita mengobati emosi kita melalui tindakan sederhana dan ini adalah salah satunya.

Saat anda ingin menghilangkan trauma, itu artinya anda sedang melawan diri anda sendiri jadi hanya andalah yang dapat menghilangkan perasaan trauma tersebut, tentunya dengan pertolongan dari Allah. Insya Allah jika anda dapat melakukan beberapa tips di atas maka anda akan dapat menghilangkan trauma yang anda alami. Beberapa tips di atas kelihatannya cukup mudah akan tetapi mungkin tidak semudah yang anda bayangkan terutama bagi anda yang mengalami trauma. Ingat!! Praktek selalu lebih sulit dari pada teori. Demikian beberapa cara menghilangkan trauma yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat.
loading...
Bagikan Artikel:

4 Responses to "Cara menghilangkan trauma dengan 6 langkah"

Powered by Blogger.