10 Manfaat buah tomat

Advertisement

Manfaat buah tomat sangat banyak untuk kesehatan. Anda biasa menyebut tomat sayur ataukah buah? Ada beberapa orang yang menyebut  tomat adalah buah dan ada juga yang menyebutnya sebagai sayur. Sebenarnya alasan anda kebingungan tentang tomat termasuk buah atau sayur ini bermula dari adanya dua definisi yang berbeda yang melekat pada buah-buahan secara ilmiah dan juga secara kuliner. 

Beberapa ilmuan pernah menjelaskan definisi buah adalah bagian dari tanaman yang tumbuh dari benih melalui proses penyerbukan. Jika berkiblat dari definisi ini otomatis kita akan menganggap tomat sebagai buah. Buah tomat mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita bahkan banyak juga yang telah menggunakan buah yang satu ini untuk sambal ataupun pelengkap sayuran. 

gambar Manfaat buah tomat
Gambar: Manfaat buah tomat
Tapi taukah anda bahwa buah tomat memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan? Buah yang memiliki rasa asam ini memang sudah terbukti memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, mulai dari Buah Tomat kaya akan vitamin dan mineral. buah tomat  adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C, B6 dan K, betakaroten, biotin, niasin, kalium, fosfor, kalsium, zat besi, seng dan selenium, serta  asam organik seperti asam sitrat dan malat yang berperan  untuk memeberikan  rasa yang khas pada buah tomat. Berikut beberapa daftar manfaat buah tomat yang perlu anda ketahui:
  • Mencegah penyakit kanker, Karena kadar kandungan antioksidannya yang tinggi tomat cukup ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Selain itu beberapa penelitian telah membuktikan  bahwa lycopene, pigmen karotenoid yang ditemukan dalam  kulit dan daging  buah tomat ber peran dalam pencegahan beberapa jenis kanker, seperti  paru-paru, prostat dan kanker usus besar. 

  • Mencegah anemia, perpaduan antara zat besi  dan vitamin C  ditemukan dalam buah tomat berperan untuk meningkatkan sintesis hemoglobin dan pembentukan sel darah merah baru, sehingga membantu tubuh dalam  mencegah atau mengobati berbagai jenis anemia. 

  • Mencegah penuaan diri, Beberapa zat antioksidan yang terkandung dalam jus tomat, termasuk lycopene, betakaroten, vitamin C dan selenium, dapat membantu dalam mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ke jaringan tubuh yang menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit degeneratif kronis. Untuk itu segelas jus tomat sangat bagus untuk mencegah penuaan dini dan membuat anda terlihat lebih awet muda. Dibutuhkan sesedikit 540 mililiter jus  tomat cair untuk mendapatkan manfaat penuh dari Lycopene. Ini berarti setidaknya setiap hari seseorang membutuhkan segelas jus tomat untuk menjaga kesehatan seseorang selama hidupnya. 

  • Meningkatkan fungsi pencernaan, Jus tomat bukan hanya memiliki sifat anti oksidan dan sifat diuretik tomat ternyata juga mampu meningkatkan fungsi pencernaan  sekaligus mampu merangsang fungsi detoksifikasi hati dan ginjal.  Dengan kata lain buah tomat mampu membantu tubuh mengeluarkan racun lebih efisien. 

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah tomat merupakan sumber vitamin C  yang baik. Kandungan  kalsium dan fosfor yang dikombinasikan dengan vitamin C  akan menjaga integritas struktural tulang dan gigi. Itu artinya dengan mengkonsumsi buah tomat akan membantu anda mendapatkan tulang dan gigi yang kuat. 

  • Menjaga Kesehatan jantung, buah Tomat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium yang dimilikinya cukup tinggi . Hal ini juga mencegah oksidasi kolesterol , yang merupakan salah satu langkah pertama dalam pembentukan plak aterosklerotik . 

  • Menjaga kesehatan kulit, Lycopene dalam tomat dipercaya  dapat  meningkatkan kemampuan kulit untuk melindunginya dari sinar UV yang berbahaya. Tomat merupakan nutrisi untuk kulit yang sangat cocok dalam  penyembuhan dari internal ataupun  eksternal kulit.  Buah tomat juga kaya akan vitamin A dan C yang membantu untuk kulit mempertahankan peremajaan kulit dan mencegahnya dari penuaan dini. Bukan hanya itu saja buah tomat juga dapat mencegah kulit kusam dan membuatnya lebih cerah. 

  • Meningkatkan penyerapan likopen, Mengkonsumsi buah  tomat dengan minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan likopen yang lebih baik. Sebaiknya anda menghindari buah tomatyang dikemas dengan  kaleng  karena kandungan asam akan  menyebabkan korosi pada kaleng  yang berakibat pada keracunan. 

  • Mengontrol kolesterol, Minum jus tomat juga dapat membantu dalam pencegahan kolesterol tinggi. Jus tomat kaya akan serat yang membantu dalam mengontrol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Ia juga memiliki niacin atau vitamin B3 yang dikenal untuk menstabilkan kolesterol. 

  • Menurunkan berat badan, buah tomat dapat membantu dalam mengontrol dan menstabilkan  berat badan. Sedangkan kandungan natrium dan kandungan serat yang tinggi di dalamnya membuat  tubuh tidak merasa lemah atau lapar, jadi buah tomat sangat cocok dijadikan buah untuk diet.
Setelah anda tau banyaknya manfaat buah tomat apakah anda mulai berfikir untuk memasukkan buah tomat ke dalam menu makanan untuk diet sehat anda. Mulailah hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi  sayur dan buah-buahan. 
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.