10 Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Advertisement
Manfaat teh hijau sangat banyak sekali untuk kesehatan maupun pengobatan dari berbagai macam penyakit, dan salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini dilakukan selama 11 tahun dan melibatkan lebih dari 40.000 pria dan wanita berusia 40 hingga 79, menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir teh hijau sehari memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau. Bahkan, penyakit jantung berkurang 31 persen pada wanita dan 22 persen pada pria. untuk tau lebih banyak mengenai manfaat teh hijau berikut daftar 10 manfaat teh hijau untuk kesehatan:
  1. Mencegah kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki potensi untuk melawan berbagai macam kanker. Sebuah  studi di laboratorium yang dilakukan di University McGill di Montreal menemukan bahwa antioksidan dalam teh hijau dapat mengecilkan tumor prostat pada tikus. Meta analisis data lain menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 18 %. Penelitian lain yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat berkorelasi untuk menurunkan resiko kambuhnya kanker payudara pada wanita.
Manfaat teh hijau untuk kesehatan
Gambar: Manfaat teh hijau untuk kesehatan
  1. Membantu menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menghilangkan lemak di sekitar perut Anda, mengkonsumsi teh hijau bisa menjadi cara sederhana yang alami. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran kalori oleh tubuh. hal Ini tentunya dapat mengurangi lemak darah, kolesterol, kembung,  mendetoksifikasi tubuh serta menekan nafsu makan sebelum waktunya. Jadi cara terbaik untuk mengurangi  lemak di perut anda dapat mengkonsumsi teh hijau serta rutin melakukan olahraga. Anda juga bisa menambahkan teh hijau dengan sepotong buah lemon untuk mendapatkan manfaat teh hijau  secara ganda. Buah lemon kaya akan  vitamin C   yang penting bagi kesehatan kulit , tulang dan gigi dan sistem kekebalan tubuh. 

  2. Menjaga Kesehatan Jantung. Teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya untuk menurunkan kolesterol darah, teh hijau telah terbukti membantu tubuh dalam membakar bentuk berbahaya dari lemak. Studi dalam skala besar telah dilakukan pada teh hijau dan telah berhasil menemukan bahwa teh hijau mampu mencegah penyakit jantung dalam jangka panjang. Sebuah uji coba di Jepang menemukan manfaat teh hijau yang lain yaitu orang yang meminum setidaknya empat cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit jantung pada pria. 

  3. Menjaga Kesehatan hati. Studi klinis menunjukkan bahwa  teh hijau dapat menjaga kesehatan hati secara keseluruhan. Penelitian terhadap hewan juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi hati dari efek negatif yang ditimbulkan oleh zat beracun seperti alkohol. Teh hijau juga masuk dalam daftar makanan yang dapat membersihkan hati . 

  4. Mencegah diabetes. Teh hijau dapat mengurangi  resiko terkena penyakit diabetes. Teh hijau berperan untuk membantu mengatur kadar glukosa serta memperlambat kenaikan gula darah. Hal ini juga memicu dan merangsang produksi insulin dan mengaktifkan fungsi pankreas untuk beberapa tingkat gula extent. Sebuah Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 1, dan bahkan dapat digunakan sebagai obat diabetes. Untuk itu dengan mengkonsumsi teh hijau anda akan mendapatkan manfaat untuk mencegah penyakit diabetes.

  5. Menjaga kesehatan tubuh. Teh hijau mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Beberapa penelitian pada hewan di laboratorium bahkan menunjukkan bukti yang menjanjikan bahwa teh hijau dapat memperlambat proses penuaan dan bahkan membuat kita hidup lebih lama. Oleh karena itu Segelas teh hijau dipagi hari akan membantut anda mendapatkan tubuh yang sehat serta memperlambat proses penuaan. 

  6. Pencegahan dan pengobatan penyakit saraf. Polifenol dalam teh hijau dapat membantu menjaga bagian otak yang mengatur daya ingat. Jadi, konsumsi rutin teh hijau dapat membantu dalam pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson. 

  7. Mencegah dehidrasi. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, pada tahun 2011, telah menunjukkan bahw orang orang yang minum enam cangkir teh sehari memilki resiko yang kecil untuk mengalami dehidrasi. Seperti yang diperkirakan sebelumnya . Minum beberapa cangkir teh hijau sehari adalah cara yang bagus untuk mengisi tingkat cairan tubuh Anda. Tidak seperti air putih, teh hijau  kaya akan flavonoid, vitamin B1, B2, B6, asam folat, seng, mangan dan kalium. 

  8. Menurunkan kadar kolesterol. Sifat antioksidan tertentu berperan menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya  yang menyebabkan penyakit jantung . Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid dalam teh hijau memiliki sifat anti inflamasi, yang melindungi terhadap diabetes, stroke dan kanker. 

  9. Meningkatkan stamina. Teh hijau dapat bertindak sebagai pendongkrak stamina untuk menghidupkan kembali anda ketika Anda merasa lesu selama musim dingin. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda, memori jangka pendek dan bahkan dapat mengurangi tingkat kelelahan Anda.
Mengingat manfaat teh hijau sangat banyak untuk kesehatan tentunya kita harus mulai memperhatikannya dan mengganti minuman yang tidak sehat seperti minuman bersoda atau minuman lain yang berpewarna dengan teh hijau yang alami dan pastinya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.