Fakta manfaat buah jeruk

Advertisement
Beberapa fakta mengenai manfaat buah jeruk yang sangat luarbiasa untuk kesehatan dan pencegahan berbagai macam penyakit. Buah Jeruk merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan sekarang telah banyak dibudidayakan di seluruh dunia dan di daerah-daerah yang memiliki iklim hangat. Buah Jeruk diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum yaitu,  jeruk manis (citrus sinensis) dan jeruk pahit (citrus aurantium).

Buah Jeruk merupakan salah satu buah sangat populer di dunia karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Selain itu rasanya yang khas juga membuatnya sangat dugemari oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia.

Selain rasanya menyenangkan , jeruk juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B1, dan C. Satu persediaan jeruk hampir 100 % dari asupan makanan harian yang direkomendasikan vitamin C. Menurut menghitung kalori, nilai gizi dari satu jeruk ( 131 gram ) adalah sebagai ditunjukkan di bawah ini.

Kandungan buah jeruk.
Fakta manfaat buah jeruk
Gambar: Fakta manfaat buah jeruk
Selain itu, buah jeruk juga merupakan sumber yang baik dari asam amino, beta karoten, asam folat, pektin, kalium, kalsium, zat besi, yodium, fosfor, mangan, sodium, klorin dan seng. Sebuah paket oranye dengan lebih dari 170 fitonutrien berbeda dan lebih dari 60 flavonoid, yang telah terbukti memiliki anti  kanke, anti inflamasi dan anti oksidan yang kuat.

Vitamin B6 yang ditemukan dalam jus buah jeruk bermanfaat untuk membantu dalam memproduksi hemoglobin. Beta karoten dalam jus buah jeruk dapat membantu mencegah kerusakan sel. Jus buah jeruk juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Hal ini akan membantu meningkatkan kesehatan tulang dan memperkuat gigi. Asam folat dalam jus buah jeruk membantu meningkatkan kinerja otak, sumsum tulang belakang, dan sistem kesehatan saraf.  Manfaat yang didapatklan dalam buah yang lain adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Untuk itu buah jeruk sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk diet sehat.

Kombinasi dari tingginya jumlah anti oksidan (vitamin C) dan flavonoid dalam buah jeruk membuatnya salah satu buah terbaik dalam membantu untuk menjaga kesehatan yang optimal serta memperkuat daya tahan tubuh. Beberapa fakta manfaat buah jeruk:
  1. Mencegah kanker. Sebuah senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk,  yang disebut  limonene D telah terbukti efektif dalam pencegahan beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker mulut serta kanker usus besar. Kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam buah jeruk juga bertindak sebagai anti oksidan yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  2. Mengurangi Peradangan. Makan makanan yang mengandung banyak lemak atau glukosa dapat memicu pengembangan reaksi inflamasi. Reaksi inflamasi menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan penyebab umum dari diabetes dan aterosklerosis tipe II. Aterosklerosis adalah kondisi yang sangat serius di mana dinding pembuluh darah mengeras karena endapan lemak. Minum jus buah akan mencegah terjadinya peradangan ini, dan merupakan tindakan pencegahan yang baik terhadap resistensi insulin dan aterosklerosis. 

  3. Memuptihkan kulit. Minum jus buah jeruk dikatakan dapat membuat bersinar pada kulit anda dan memberikan manfaat kesehatan pada kulit. Buah jeruk memiliki manfaat untuk membantu melembabkan kulit serta membuatnya terlihat lebih bersih. Buah jeruk juga berfungsi untuk membersihkan dan mengencangkan pori-pori yang tersumbat serta mencegah keriput dan garis-garis halus. Jus jeruk juga merupakan obat alami yang besar untuk mengobati sunburns. 

  4. Memberikan asupan Vitamin C. Vitamin C tidak dapat disintesis oleh tubuh manusia sehingga kita harus mendapatkannya dari luar berupa makanan yang mengandung vitamin C. Minum dua gelas jus buah jeruk setiap hari dapat meningkatkan konsentrasi Vitamin C dalam tubuh Anda dengan 40 sampai 64 persen. Vitamin C yang kita dapatkan dari buah jeruk bermanfaat melindungi tubuh kita dari efek berbahaya dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, dan membantu dalam penyerapan mineral penting seperti kalsium . 

  5. Menurunkan koleseterol jahat ( LDL ). Minum jus jeruk secara teratur memberikan manfaat untuk menurunkan tingkat low density lipoprotein, atau kolesterol jahat. Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol " jahat " dan terkumpul dalam arteri dan pembuluh darah, yang menyebabkan masalah jantung, serta berbagai macam masalah lain yang berkaitan dengan kesehatan darah dan aliran oksigen dalam darah. Dengan mengkonsumsi  buah jeruk akan membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. 

  6. Mengobati radang sendi. Karena sifat anti inflamasi, buah jeruk membantu dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan kekakuan otot dan sendi arthritis. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Epidemiology Unit Arthritis Research Campaign di Inggris, menemukan bahwa satu gelas jus buah jeruk segar per hari dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan gangguan inflamasi seperti rheumatoid arthritis. 

  7. Mencegah batu ginjal. Mengkonsumsi buah jeruk secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko pengembangan batu ginjal. Namun studi lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi hasil ini. 

  8. Menstabilkan tekanan darah, Studi telah menemukan bahwa buah jeruk mengandung hesperidin yang larut dalam air. Hal ini akan meningkatkan aktivitas pembuluh darah kecil yang akan membuat tekanan darah Anda menjadi seimbang dan membantu untuk mengurangi risiko kardiovaskular.
Informasi mengenai Manfaat buah jeruk di atas akan memberikan alasan bagi anda untuk memasukkan buah jeruk ke dalam salah satu buah untuk diet anda.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.