Buah pisang penyebab naiknya berat badan ?

Advertisement
Makan terlalu banyak makanan, termasuk buah pisang, dapat  mengakibatkan naiknya berat badan. Buah umumnya mengandung hampir tiga kali lebih banyak kalori dibandingkan sayuran. Satu  ikat bayam misalnya menyediakan hanya 88 kalori. Anda harus makan empat buah tomat berukuran sedang untuk memenuhi jumlah kalori yang sama dalam satu buah pisang ukuran sedang. Penyajian buah pisang yang salah juga akan memperburuk keadaan dan, misalnya menyajikaannya dalam bentuk pisang goreng atau menambah dengan selai kacang akan menambahkan jumlah kalori yang berlipat, yang tentunya hal itu akan mengacaukan program diet anda.

Buah Pisang memiliki kandungan gula yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan makanan alami lainnya. Satu buah pisang besar memiliki lebih dari 16,5 g gula pasir, yang merupakan campuran dari sukrosa, glukosa dan fruktosa . Menurut Harvard Medical School, indeks glikemik buah pisang matang adalah 51 dan beban glikemik adalah 13, nilai ini lebih tinggi dibandingkan buah apel,  grapefruits, anggur,  jeruk, persik atau buah pir. Ketika  anda mengkosnusmsi makanan yang memiliki indeks glikemik yang  tinggi dan beban glikemik, Anda akan lebih mungkin untuk mengalami kenaikan gula darah dan kadar insulin. Namun, nilai indeks glikemik buah pisang  tidak setinggi nilai dari makanan yang dipanggang dan makanan pentutup yang manis.
Buah pisang
Gambar: Buah pisang dan obesitas
Buah Pisang, seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, cenderung memicu kenaikan berat badan dari pada jenis makanan lainnya, kata Melina Jampolis, spesialis gizi untuk CNN. buah pisang kaya akan kandungan serat, sedangkan serat sendiri memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama. Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat, atau 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Pada 110 kalori per porsi. Akan tetapi sebenarnya anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi buah pisang akan menaikkan berat anda, karena sebenarnya penyajian buah pisang yang salah dan mengkosnsumsinya secara berlebihan lah yang akan memberikan efek yang buruk pada kesehatan termasuk naiknya berat badan.

Untuk Menurunkan berat badan anda harus mengurangi asupan  kalori, yang itu artinya Anda harus konsisten membakar lebih banyak kalori melalui aktivitas olahraga dan mengurangi terlalu banyak makanan yang mengandung tinggi lemak dan kalori yang berlebihan. Kebutuhan kalori anda tergantung dengan berat badan anda, tingkat aktivitas, kesehatan secara keseluruhan dan faktor lainnya. The Mayo Clinic menyarankan agar mengkonsumsi tiga  porsi buah, empat atau lebih porsi sayuran, tiga porsi protein dan lemak.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa buah pisang berdampak pada naiknya berat badan, banyak penelitian juga yang telah berhasil mengungkap manfaat buah pisang, bahkan buah pisang bisa dikatakan sebagai salah satu buah untuk diet sehat. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam " European Journal of Clinical Nutrition " pada bulan Januari 2007 lalu, 138 orang dewasa yang meningkatkan asupan buah dan sayuran mereka menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran dapat memberikan efek yang positif terhadap penurunan berat badan dan tekanan darah.
 
Sangat penting untuk melihat buah pisang dari perspektif yang seimbang dan memahami bahwa buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kandungan potasium dan serat yang tinggi yang tentunya berefek baik untuk kesehatan.  Informasi di atas bukan ingin mendorong anda untuk menghindari mengkonsumsi buah pisang akan tetapi yang perlu untuk kita ketahui bersama adalah buah walaupun memiliki banyak manfaat akan tetapi jika kita berlebihan mengkonsumsinya maka akan memberikan efek yang tidak baik pula untuk kesehatan, seperti halnya buah pisang.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.