Kandungan nutrisi buah apel

Advertisement
Beberapa daftar kandungan nutrisi buah apel. Buah apel  merupakan buah yang lezat dan renyah. Buah apel  adalah salah satu buah yang paling populer karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Antioksidan dalam buah apel berfungsi untuk menangkal radikal bebas sekaligus mencegahan berbagai macam penyakit .

Buah apel memiliki beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, hal tersebut yang membuat manfaat buah apel sangat banyak untuk kesehatan. Buah apel sangat rendah kalori, 100 g irisan buah apel segar menyediakan hanya 50 kalori. Buah apel tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, buah apel kaya akan serat, yang membantu mencegah penyerapan makanan dan LDL atau kolesterol jahat dalam usus. Serat juga menghemat selaput lendir  di usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di dalam usus besar.
Kandungan nutrisi buah apel
Gambar: Buah apel
Buah apel juga menawarkan nilai gizi karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Tubuh anda tidak dapat menghasilkan vitamin C  dengan sendirinya, sehingga anda perlu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mendapatkan asupan viatmin C. Mengkonsumsi buah apel bermanfaat untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda dengan 8,4 mg - 9 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 11 persen untuk wanita.

Beberapa nilai gizi yang ditemukan dalam buah apel berasal dari fitonutrien mereka. Kulit buah apel mengandung polifenol  salah satu dari jenis antioksidan. Studi yang diterbitkan oleh "Journal of Medicinal Food " pada tahun 2012 lalu  menemukan bahwa kandungan polifenol dalam buah apel berperan dalam membantu kulit untuk  mengatur pertumbuhan sel kulit baru, dan para peneliti juga menemukan bahwa buah apel dapat membantu mengobati atau mencegah kerusakan pada kulit. Sebuah studi tambahan, yang diterbitkan dalam edisi Mei 2013 oleh " Food Chemistry " mencatat bahwa fitonutrien dalam kulit buah apel mengurangi oksidasi lipid darah sebuah proses yang memberikan kontribusi pada penyakit kardiovaskular.

Karbohidrat yang terdapat dalam buah apel membantu metabolisme lemak, serta berfungsi untuk membantu memegang jaringan otot. Dalam Setiap buah apel mengandung 4,4 gram serat dan karbohidrat nondigestable yang melawan penyakit kronis  termasuk penyakit divertikular dan diabetes tipe 2.

Kandungan nutrisi buah apel per 100 g

Energi 50 Kcal 2,5 %
Karbohidrat 13,81 g 11 %
Protein 0.26 g 0.5 %
Total Lemak 0.17 g 0.5 %
Kolesterol 0 mg 0 %
Dietary Fiber 2.40 g 6 %
vitamin
Folat 3 mg 1 %
Niacin 0.091 mg 1 %
Asam pantotenat 0,061 mg 1 %
Pyridoxine 0.041 mg 3 %
Riboflavin 0,026 mg 2 %
Thiamin 0,017 mg 1 %
Vitamin A 54 IU 2 %
Vitamin C 4,6 mg 8 %
Vitamin E 0,18 mg 1 %
Vitamin K 2,2 mg 2 %
elektrolit
Sodium 1 mg 0 %
Kalium 107 mg 2 %
Kalsium 6 mg 0,6 %
Besi 0,12 mg 1 %
Magnesium 5 mg 1 %
Fosfor 11 mg 2 %
Zinc 0.04 mg 0 %
Phyto- nutrisi
Karoten ß - 27 ug -
Crypto - xanthin - ß 11 ug -
Lutein - zeaxanthin 29 mcg –

(Sumber : USDA National Nutrient data base)

Buah apel segar dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari sedangkan jika disimpan dalam lemari pendingin bisa bertahan hingga dua sampai tiga minggu. Cuci dengan air dingin yang bersih sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan debu dari permukaan dan residu pestisida/fungisida.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.