10 Manfaat buah nanas bagi kesehatan

Advertisement

Manfaat buah nanas bagi kesehatan yang sangat banyak dan luarbiasa. Buah nanas merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam yang sangat menyegarkan. Secara historis, Hawaii merupakan produsen nanas terbesar di dunia dan merupakan sumber pasokan nanas AS. Beberapa tanaman nanas terbesar berada di Hawaii. Selain hawai produsen nanas terbesar meliputi Filipina, Brazil, dan Kosta Rika.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan
  1. Buah Nanas mengandung bromelain, suatu enzim yang dapat membantu mengurangi nyeri arthritis dengan mengurangi peradangan. Buah nanas juga merupakan sumber vitamin C, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

  2. Mengatasi masalah yang berkaitan dengan pernapasan. Buah nanas  membantu memecah dan melarutkan lendir yang berlebihan, sehingga baik dikonsumsi untuk  penderita asma, bronkitis, pneumonia dan sinusitis. 
Manfaat buah nanas bagi kesehatan
Gambar: Manfaat buah nanas bagi kesehatan
  1. Sumber vitamin. Buah nanas merupakan sumber terbaik dari beberapa vitamin dan salah satunya adalah Vitamin A. Vitamin A berperan dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata anda sekaligus melindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah nanas juga kaya akan vitamin B1 dan B6, yang berperan dalam meningkatkan produksi energi dan pemecahan efisien pati dan gula. 

  2. Baik untuk Wanita hamil. Beberapa uji klinis membuktikan ibu hamil yang mengkonsumsi buah nanas di pagi hari dapat mengurangi mual dan muntah. Untuk itu bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan. 

  3. Mencegah Gumpalan Darah. Buah Nanas merupakan sumber alami anti - koagulan, yang berguna dalam mencegah pembekuan darah. Dengan pemikiran ini, bagi anda yang menderita gangguan perdarahan, atau yang rentan terhadap pembekuan darah mungkin perlu untuk mengkonsumsi buah nanas secara teratu. 

  4. Menjaga kesehatan mulut. Jika anda pernah mendengar bahwa buah sebagai pencuci mulut mungkin itu juga berarti sebenarnya, karena buah-buahan memang dapat Meningkatkan Kesehatan Mulut. Terutama buah yang memiliki rasa asam seperti buah nanas. Buah nanas juga mencegah pertumbuhan plak di selaput lendir yang melapisi bagian dalam dari mulut Anda. Jadi, selain teratur menyikat gigi, mengkonsumsi buah nanas juga membantu anda untuk mendapatkan mulut yang bersih dan sehat. 

  5. Menjaga kesehatan tulang. Salah satu manfaat dari buah nanas adalah membantu anda mendapatkan  tulang yang sehat. Buah nanas kaya akan kandungan mangan, mangan merupakan salah satu mineral penting yang berperan untuk mempertahankan kepadatan tulang. Satu cangkir buah nanas menyediakan 73%  mangan  dari jumlah yang direkomendasikan. Selain itu buah nanas juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua. 

  6. Mencegah Degenerasi makula.  Buah Nanas kaya akan beta-karoten yang baik untuk mata. Sebuah Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga porsi buah nanas perhari dapat membantu menurunkan resiko degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua. 

  7. Mendapatkan pencernaan yang sehat. bromelain yang ditemukan dalam buah nanas membantu dalam menjeaga kesehatan pencernaan. mengkonsumsi satu potong buah nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus nanas segar juga memiliki manfaat dalam menghilangkan cacing usus. 

  8. Baik untuk Batuk dan  Pilek. Kebanyakan orang sering menggunakan ekstra Vitamin C atau minum jus jeruk untuk mengatsi flu, mungkin anda juga harus mencoba buah nanas, karena buah nanas diketahui dapat mengatasi batuk dan pilek. Sebenarnya manfaat buah nanas untuk batuk dan pilek hampir sama dengan  jus jeruk, akan tetapi ada manfaat tambahan yang bisa anda dapatkan dari buah nanas, hal tersebut dikarenakan buah nanas memiliki Bromelain, yang diektahui dapat membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir. 
Karena buah Nanas memiliki rasa yang  manis maka bagi anda yang memiliki penyakit diabetes harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Tapi bagi anda yang tidak memiliki masalah dengan penyakit tersebut maka buah yang satu ini aman dikonsumsi selama tidak berlebihan.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.