Manfaat mentimun untuk kesehatan

Advertisement
Manfaat mentimun untuk kesehatan. Mentimun sudah tidak asing lagi bagi kita karena biasanya kita menggunakannya sebagai lalapan untuk makan. Karena kandungan air yang tinggi dalam mentimun membuatnya sangat cocok dikonsusmi saat cuaca panas. Beberapa dari kita mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa mentimun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mentimun selain kaya akan kandungan serat juga memiliki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kira-kira apa saja manfaat dari sayur yang satu ini ya? Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa daftar manfaat mentimun untuk kesehatan yang berikut ini:

Manfaat mentimun untuk kesehatan
Gambar: Manfaat mentimun untuk kesehatan
  1. Baik untuk kulit. Mentimun memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalium, dan silikon yang baik untuk perawatan kulit anda. Itulah yang membuat mentimun sering digunakan untuk perawatan kulit. 

  2. Menghindarkan anda dari kanker. Mengkonsumsi mentimun akan membantu anda memperkecil dari resiko terkena kanker. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mentimun berpotensi mampu melawan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara , kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. 

  3. Obat sakit kepala ringan. Mengkonsumsi mentimun mampu membantu menyembuhkan sakit kepala ringan. Selain itu mentimun mengandung gula alami, vitamin B dan elektrolit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda. 

  4. Membantu menurunkan berat badan. Mentimun mengandung rendah kalori dan kandungan air yang tinggi sehingga menjadikan mentimun menjadi salah satu makanan untuk diet sehat. Kandungan air yang tinggi ditambah serat dalam mentimun sangat efektif dalam menegluarkan racun dalam tubuh sekaligus membersihkan  sisitem pencernaan dalam tubuh. Mengkonsumsi mentimun secara rutin juga dapat menghindarkan anda dari beberapa masalah terkait pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. 

  5. Menstabilkan tekanan darah. Pasien yang memiliki tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi mentimun secara rutin, karena diketahui mentimun mampu menstabilkan tekanan darah secara alami. Kandungan kalium, magnesium dan serat dalam mentimun bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah. 

  6. Mengandung tinggi antioksidan. Mentimun mengandung antioksidan seperti β-karoten, α-karoten, vitamin-C, vitamin-A, zea-xanthin dan lutein. Senyawa tersebut bertindak sebagai pelindung tubuh terhadap efek buruk dari radikal bebas yang berperan dalam proses penuaan. Kekuatan total antioksidan, diukur dari segi kapasitas oksigen absorbansi radikal (nilai ORAC), adalah 214 umol TE/100 g. 

  7. Mengurangi resiko diabetes. Mentimun mampu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah sekaligus mengendalikan tekanan darah. Mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang diketahui bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. 

  8. Mengatasi bau mulut. Bau mulut pastinya sangat mengganggu, selain dapat mengurangi percaya diri bau mulut juga mengindikasikan bahwa ada banyak bakteri yang berada disekitar rongga mulut kita, tapi tidak perlu khawatir karena anda dapat menghilangkan bau mulut secara alami dengan menggunakan mentimun, caranya adalah  ambil sepotong mentimun kemudian tekan ke langit-langit mulut anda dengan lidah selama 30 detik, phytochemcials dalam mentimun akan membunuh bakteri di mulut anda sehingga anda terbebas dari bau mulut. 

  9. Membantu mengatasi asam urat. Bagi anda yang memiliki masalah dengan asama urat mengkonsumsi mentimun secara rutin dengan dicampur jus wortel mungkin menjadi salah satu pilihan pengobatan yang baik, campuran dari keduanya dapat  meredakan nyeri arthritis gout dengan menurunkan kadar asam urat.
Bagaimana, setelah anda mengetahui manfaat mentimun yang sangat banyak, apakah anda tertarik untuk memasukkan mentimun ke dalam menu makanan untuk diet sehat anda?
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.