10 Makanan yang dapat menurunkan kolesterol

Advertisement

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol yang perlu untuk anda ketahui. Kolesterol diketahui merupakan salah satu pemicu terbesar munculnya penyakit jantung. Memilih makanan yang rendah lemak dan juga kaya akan kandungan vitamin dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung yang dipicu oleh naiknya kadar kolesterol.

10 Makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol
  1. Oatmeal. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mudah adalah menyajikan oatmeal pada menu sarapan anda. Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan serat dan juga rendah lemak. Untuk memperkaya kandungan nutrisinya tambahkan beberapa buah-buahan seperti pisang atau strawberry. Ahli gizi merekomendasikan setiap orang dewasa mendapatkan 20 sampai 35 gram serat per hari, dengan setidaknya 5 sampai 10 gram yang berasal dari serat larut.
Makanan yang dapat menurunkan kolesterol
Gambar: Makanan yang dapat menurunkan kolesterol
  1. Buah strawberry. Buah-buahan diketahui memang sangat baik untuk menjaga kesehatan sekaligus menyediakan nutirisi seperti vitamin dan mineral untuk anda. Buah strawberry dapat dijadikan sebagai salah satu makanan penurun kolesterol yang baik karena selain kaya vitamin buah yang satu ini juga mengandung pektin yang merupakan jenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol (LDL). 

  2. Kacang-kacangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut , kacang tanah, dan jenis kacang lainnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Makan setidaknya 2 ons kacang per hari dapat menurunkan kadar kolesterol hingga  5 %.

  3. Minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sekaligus rendah LDL (kolesterol jahat)  dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik).

  4. Bawang putih. Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat dan resep kesehatan. Penelitian masa kini pun telah menunjukkan bahwa anggota keluarga allium, seperti bawang putih, bawang merah dan jenis bawang lainnya, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan melindungi jantung. 

  5. Olahan Kedelai. Makanan yang terbuat dari olahan kedelai seperti tahu, tempe dan juga susu soya dapat menurunkan kadar kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein dari kedelai per hari  dapat menurunkan kolesterol sebesar 5 % sampai 6 %. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi anda yang menyukai makanan olahan kedelai karena disamping rasanya yang lezat ternyata makanan di atas juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. 

  6. Ikan berlemak. Mengkonsumsi ikan sebagai pengganti daging sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Ikan mengandung omega -3 yang dapat  mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya ritme jantung abnormal. 

  7. Makanan yang kaya Beta-karoten. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda membutuhkan makanan yang menagandung betakaroten. Beberapa buah yang mengandung betakaroten diantaranya adalah buah mangga dan buah naga. Selain buah-buahan beberapa makanan seperti labu, ubi jalar, butternut, dan wortel merupakan sumber yang baik dari betakaroten. 

  8. Makanan yang mengandung Vitamin C. Selain betakaroten vitamin C juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah-buahan umumnya merupakan sumber terbaik dari vitamin C yang mencakup buah jeruk, lemon strawberry, blackberry dan jambu biji. Bukan hanya buah saja yang memiliki kandungan vitamin C akan tetapi beberapa sayur seperti kubis, brokoli, serta paprika diketahui juga merupakan sumber vitamin C yang baik.  

  9. Kunyit. Rempah yang satu ini biasanya sering digunakan sebagai pewarna alami pada makanan khususnya makanan di negara Asia Selatan, kunyit selain sebagai pewarna alami ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Pada sebuah Studi yang dilakukan para ahli dari University of Michigan dengan menggunakan hewan sebagai percobaan telah menunjukkan hasil yang menggembirakan, dalam studi tersebut para ahli berhasil mengungkap bahwa ekstrak kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pembekuan akibat penumpukan kolesterol jahat dalam darah. 
Tentu saja selain mengkonsumsi makanan di atas anda juga harus menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol seperti daging panggang dan masakan bersantan lainnya. Mudah-mudahan informasi mengenai makanan yang dapat menurunkan kolesterol di atas bisa membantu bagi anda yang membutuhkan.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.