11 Makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Advertisement

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal efek buruk radikal bebas. Jika seseorang memiliki kadar antioksidan rendah maka akan berakibat timbulnya berbagai macam masalah kesehatan seperti mudah mengalami stres, rentan terhadap banyak penyakit termasuk penyakit jantung dan kanker. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran. Beberapa  jenis Antioksidan  diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, beta -karoten, flavonoid dan polifenol. Nah untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung tinggi antioksidan berikut daftar beberapa makanan yang mengandung antioksidan dan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda:

Makanan yang mengandung antioksidan tinggi
Gambar: Makanan yang mengandung antioksidan tinggi
  1. Bawang putih diklaim mampu membantu mencegah berbagai macam penyakit diantaranya seperti penyakit jantung ( termasuk aterosklerosis, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi) dan kanker. Sebuah studi yang dilakukan di Ceko menemukan bahwa suplemen yang terbuat dari bawang putih dapat mengurangi akumulasi kolesterol di dinding pembuluh darah. dengan mengkonsumsi suplemen bawang putih secara signifikan dapat mengurangi timbunan plak aorta kelinci pada kolesterol. 

  2. Green tea. The Nibble menyatakan bahwa satu porsi teh hijau memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari pada satu porsi brokoli selain itu teh hijau juga mengandung zat yang menetralisir radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Manfaat Teh hijau sangat banyak sekali untuk kehatan dan merupakan  pilihan yang sangat baik untuk orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori ekstra dari diet mereka. 

  3. Wortel. Wortel mengandung tinggi beta -karoten, yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi vitamin A dan melawan sel kanker. Buah dan sayur yang memiliki warna terang merupakan sumber yang baik dari beta karoten. 

  4. Biji-bijian. Meskipun kandungan antioksidan yang terdapat pada biji-bijian tidak setinggi buah dan sayur, biji-bijian juga merupakan sumber antioksidan yang cukup baik karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit khususnya yang menyerang sistem imun. Anda dapat menemukannya di beberapa biji-bijian seperti gandum utuh, roti multigrain, tepung gandum, jagung, pasta dan produk lainnya.

  5. Strawberry. Strawberry kaya akan kandungan Vitamin C yang merupakan  jenis antioksidan yang kuat. Antioksidan dalam buah Strawberry bermanfaat untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada kulit dan tubuh. Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan vitamin C efektif dalam menghalangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas  tersebut.   

  6. Buah apel. Apel merupakan salah satu buah sehat yang kaya manfaat. Buah apel sangat cocok digunakan sebagai salah satu buah untuk diet karena mengandung nutrisi yang sangat lengkap. Buah apel mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat menjaga sistem imun bekerja dengan baik . buah Apel yang berwarna merah mengandung antioksidan lebih tinggi dari pada apel hijau. 

  7. Kentang. Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu sumber serat dan juga karbohidrat. Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang lezat. Kentang diketahui selain tinggi serat juga kaya akan antioksidan. 

  8. Coklat hitam. Coklat yang memiliki warna hitam mengandung antioksidan yang kuat dan dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tapi sebaiknya anda harus berhati-hati dalam mengkonumsi coklat karena sebagian besar coklat yang dijual sudah dicampur dengan gula atau pemanis yang tidak baik dikonsmumsi secara berlebihan. 

  9. Anggur. seperti halnya buah-buahan lainnnya semua jenis anggur mengandung antioksidan, namun anggur merah merupakan sumber terbaik antioksian dari jenis lainnya. Antioksidan dalam buah anggur dipercaya mampu menghambat penyakit kanker dan jantung. Selain itu, antioksidan dalam buah anggur merah ini telah terbukti memiliki efek anti-penuaan. 

  10. Blueberry. Blueberry adalah salah satu buah dengan antioksidan yang paling kuat. Setengah cangkir buah ini saja bisa menyediakan dua kali lipat asupan antioksidan yang normal. Antioksidan dalam  Blueberry  bekerja untuk pencegahan kanker, kerusakan otak, kolesterol tinggi dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Selain itu, blueberry mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

  11. Air kelapa. Selain menyegarkan manfaat air kelapa hijau juga sangat banyak sekali untuk kesehatan, air kelapa mengandung tinggi antioksidan. Selain antioksidan air kelapa hijau juga merupakan sumber vitamin B, potasium, enzim, dan asam amino.
Pada umumnya makanan yang mengandung tinggi antioksidan bisa anda dapatkan dari berbagai macam jenis buah dan sayur, untuk itu mengkonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang baik.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.