20 Manfaat Jahe yang luar biasa

Advertisement


20 Manfaat jahe yang luar biasa untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan anda. Jahe merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, jahe sering digunakan sebagai salah satu bumbu makanan. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar satu meter dan Akarnya memiliki jari-seperti proyeksi rumit yang tumbuh ke bawah dari permukaan tanah . Akar jahe memiliki permukaan luar berwarna perak keabu-abuan. Secara tradisional tanaman jahe biasanya digunakan oleh masyarakat luas sebagai salah satu ramuan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti masuk angin.

20 Daftar Manfaat Jahe
  1. Menghilangkan stres. Jahe memiliki manfaat untuk menenangkan dan rileksasi karena memiliki aroma terapi, sehingga dapat mengatasi stres.
Manfaat Jahe
Gambar: Manfaat Jahe
  1. Mengobati flu. Ambil beberapa potong jahe kemudian  rebus dalam air , tambahkan madu dan juga lemon, minum ramuan tersebut secara rutin,  untuk  mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti batuk, pilek dan juga sakit tenggorokan.

  2. Mengobati sakit kepala. Jahe diketahui memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan termasuk mengobati sakit kepala,  cara penggunaanya cukup Menerapkan pasta jahe di dahi, cara tersebut dapat mengatasi sakit kepala dan juga migrain. Jahe memiliki Kemampuan untuk menghambat sintesis prostaglandin dan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada pembuluh darah sehingga membantu meringankan rasa sakit akibat migrain. 

  3. Melawan sel kanker. Jahe diyakini memiliki kemampuan dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Para ilmuwan di Georgia State University menemukan bahwa ekstrak dari jahe memiliki efek yang signifikan dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker. Para ilmuan juga menemukan bahwa jahe juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium. Dalam Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Desember 2007 "BMC Pelengkap dan Pengobatan Alternatif" berhasil menemukan bahwa ekstrak jahe  dapat mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker ovarium.

  4. Mencegah serangan jantun. Bukan hanya untuk mencegah  kanker ternyata manfaat jahe juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi sari jahe dapat mengurangi lemak di arteri yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung dan stroke.

  5. Mengurangi rasa mual pada wanita hamil. Rasa mual di pagi hari bagi beberapa wanita hamil mungkin merupakan hal yang biasa, akan tetapi kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan jahe. Anda dapat menggunakan extrak dari jahe atau cukup minum secangkir wedang jahe untuk memberikan manfaat mengurangi rasa mual.

  6. Mengurangi nyeri sendi. Jahe diketahui memiliki sifat anti -inflamasi yang membantu mengurangi nyeri sendi arthritis pada beberapa orang. Mengoleskan minyak jahe pada bagian yang nyeri akan membantu untuk meringankan rasa sakit. 

  7. Mengatasi masalah pernapasan. Jahe memiliki manfaat untuk menghambat kontraksi saluran napas sekaligus membantu merangsang sekresi lendir. Ramuan dari jahe  secara rutin dapat mengatasi  sakit tenggorokan dan juga pilek. 

  8. Melancarkan sirkulasi darah. jahe mengandung beberapa nutrisi penting seperti Vitamin, mineral dan juga asam amino yang memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu mengurangi resiko masalah kardiovaskular. 

  9. Meningkatkan sistem imun. Jahe dapat dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk meningkatkan stamina sekaligus mencegah berbagai macam penyakit, hal tersebut dikarenakan jahe mengandung tinggi antioksidan dan juga nutrisi penting lainnya seperti vitamin dan mineral. 

  10. Mengurangi Nyeri Haid. Jahe dapat digunakan sebagai obat pereda rasa sakit alami, sehingga sering digunakan untuk mengurangi nyeri saat haid. Satu gelas teh jahe yang dicampur dengan gula merah dapat mengatasi kram saat menstruasi.

  11. Membantu Mengobati diabetes. Sari Jahe dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas insulin untuk mengobati diabetes. Para ahli juga merekomendasikan minum satu gelas air yang dicampur dengan satu sendok makan sari jahe di pagi hari untuk memabantu menurunkan kadar gula darah bagi pasien diabetes. 

  12. Mengatasi masalah perut. Sifat karminatif yang dimiliki jahe membuatnya dapat menenangkan sakit perut. Manfaat Jahe Juga sering digunakan untuk mengobati penyakit perut yang parah seperti dispepsia atau kolik. Mengkonsumsi Jahe secara rutin juga  dapat menjaga kesehatan pencernaan anda.

  13. Kaya akan kandungan nutrisi. Banyaknya Manfaat jahe tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Jahe mengandung beberapa nutrisi seperti Vitamin  A, C, E, B - kompleks, magnesium, fosfor, mangan, sodium, besi, seng, dan kalsium.  Mangan berperan untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, melindungi selaput jantung, pembuluh darah dan saluran kemih.

  14. Menurunkan berat badan. Jahe dipercahaya memang dapat merangsang nafsu makan sehingga dikhawatirkan oleh beberapa orang dapat berefek pada naiknya berat badan. Walaupun jahe dapat merangsang nafsu makan akan tetapi jahe tidak menyebabkan naiknya berat badan karena jahe membantu proses pencernaan anda lebih baik dan efisien. 

  15. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi. Jahe dapat membantu anda dalam menyerap nutrisi dengan baik sehingga membantu anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda.

  16. Manfaat jahe untuk Mengatasi asma. Jahe telah terbukti dapat membuka saluran udara dengan mengurangi peradangan, sehingga dapat meringankan penyakit asma. 

  17. Mengurangi gas di perut. Mengkonsumsi jahe memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan perut anda, jahe berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan dan juga menghangatkan tubuh sehingga mencegah perut kembung dan bergas.

  18. Memberikan pasokan energi. Jahe merupakan salah satu makanan yang membuat anda mendapatkan energi yang melimpah dengan cepat, hal tersebut dikarenakan jahe dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dengan mudah sehingga dapat membuat anda mendapatkan energi dengan cepat. 

  19. Mengatasi susah tidur. Jahe memiliki sifat menenangkan pada banyak sistem di tubuh kita, jahe dapat membantu menghilangkan racun yang menyebabkan sulit tidur, dan membuat anda untuk tertidur lebih mudah.
Walaupun manfaat jahe sangat banyak untuk kesehatan akan tetapi anda juga harus waspada dalam mengkonsumsinya, karena jahe memiliki efek samping bagi beberapa orang. Menurut University of Maryland Medical Center efek samping yang mungkin ditimbulkan jahe berupa mulas, iritasi pada mulut dan diare. Bagi  penderita diabetes, tekanan darah, wanita hamil, dan juga menyusui lebih baik berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum menggunakan jahe. Demikan beberapa ulasan mengenai 20 manfaat jahe yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan juga pencegahan penyakit.
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.