10 manfaat dan fungsi vitamin A bagi kesehatan

Advertisement
Vitamin A adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin A umumnya ditemukan dari buah-buahan dan sayuran yang memiliki warna orange seperti wortel dan ubi jalar. Kebutuhan vitamin A setiap individu bervariasi sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Secara umum laki-laki dewasa membutuhkan setidaknya 700-1000 mikrogram (mcg), sedangkan wanita 600-800 mcg.

Kekurangan vitamin A biasanya terjadi akibat kurangnya asupan makanan tinggi vitamin A atau beta-karoten, Gejala awal kekurangan vitamin A meliputi rabun senja, kulit mudah berjerawat, gangguan pncernaan dan masalah pada kulit. Wanita hamil dan orang dengan tubuh sensitif terhadap infeksi merupakan beberapa kelompok yang sangat rentan mengalami kekurangan Vitamin A, untuk itu harus memerlukan asupan vitamin A lebih banyak. Fungsi dan manfaat vitamin A bagi tubuh diantaranya:

1. Menjaga kesehatan mata. Vitamin A sudah lama dikenal sebagai vitamin untuk mata kerena membantu mata menyesuaikan dengan perubahan cahaya, menjaga kelembaban mata sekaligus meningkatkan penglihatan pada malam hari. Selain itu mencukupi kebutuhan vitamin A juga sering dikaitkan dengan pncegahan penyakit katarak.



manfaat dan fungsi vitamin A
manfaat dan fungsi vitamin A

2. Meningkatkan imunitas. Fungsi vitamin A selain membantu menjaga kesehatan mata ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karena vitamin A juga bekerja sebagai antioksidan di dalam tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit dan efek buruk radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan kulit. Jika anda ingin mendapatkan kulit sehat serta lembab alami cobalah mencukupi kebutuhan vitamin A harian anda. Karena vitamin A merupakan antioksidan maka dia juga dapat mencegah kulit dari kerusakan seperti kering dan bersisik. Meskipun penggunan suplemen dapat membantu anda mencukupi kebutuhan vitamin A, usahakan mendapatkan vitamin A dari makanan terutama buah dan sayur segar seperti wortel, buah naga dan anggur, karena lebih alami.

4. Mencegah kanker. Menurut sebuah penelitian di University of York, asupan vitamin A yang cukup bisa membantu seseorang terhindar dari penyakit kanker terutama kanker prostat. Meskipun hasil penelitian tersebut bekerja untuk jenis kanker prostat, tetapi sangat mungkin jika vitamin A juga bisa mencegah semua jenis kanker.

5. Menjaga kesehatan Tulang dan Gigi. Jika anda berpikir bahwa kalsium satu-satunya nutrisi untuk tulang maka anda salah. Vitamin A meskipun bukan nutrisi utama bagi tulang tetapi ketika vitamin ini diubah menjadi asam retinoat maka vitamin A secara efektif bermanfaat memelihara kesehatan tulang dan gigi. Selain itu Vitamin A juga memainkan peran penting dalam perbaikan kerusakan gigi dengan menggantikan jaringan lama dengan jaringan yang baru.

6. Mencegah diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengalami kekurangan vitamin A dalam tubuh memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita gangguan toleransi glukosa dan penyakit diabetes.

7. Masalah sistem pernapasan. Penelitian menunjukkan bahwa tingginya asupan vitamin A dan vitamin C diketahui mampu meningkatkan kapasitas paru-paru serta melindungi seseorang dari gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis dan emfisema.

8. Mencegah penyakit jantung. Orang yang memenuhi kebutuhan vitamin A pada tingkat moderat diketahui memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Bekerja sama dengan vitamin E keduanya berfungsi mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) sekaligus menurunkan resiko aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

9. Pertumbuhan sel. Fungsi vitamin A yang sangat penting adalah sebagai pendorong pertumbuhan hormon dan sel-sel penting di  dalam tubuh. Optimalnya pertumbuhan sel-sel ini akan sangat membantu proses perbaikan sekaligus menggantikan jaringan yang rusak dengan sel baru.

10. Memperlambat proses penuaan. Vitamin A sering dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan kerutan, mengurangi bintik-bintik hitam sekaligus garis-garis halus di kulit wajah. Di mana ketiganya merupakan faktor utama penyebab penuaan.

Demikian tadi beberapa manfaat dan fungsi vitamin A bagi tubuh kita semoga bisa memberikan tambahan wawasan bagi pembaca. Via infokusehat.com
Bagikan Artikel:
Powered by Blogger.